Tim Seleksi Calon Komisioner Bawaslu Sulsel Tekankan Integritas

  • Bagikan
Tim Sel calon Komisioner Bawaslu Sulsel, Andi Syahwiah Andi. Sapuddin, memberikan penjelasan saat menggelar sosialisasi tahapan penerimaan anggota Bawaslu Sulsel, di kantor Bawaslu kabupaten Pangkep, Selasa (31/01/2023).

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Tim Seleksi (Timsel) penjaringan pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan terus genjot sosialisasi tahapan penerimaan anggota Bawaslu Sulsel.

Sekretaris Timsel Andi Syahwiah A. Sapiddin, di kantor Bawaslu kabupaten Pangkep, Selasa (31/01/2023, menekankan pentingnya integritas calon komisioner Bawaslu.

“Kita berkomitmen, memilih yang terbaik, dengan mengedepankan integritas calon, kita betul betul selektif menyeleksi, dan mendeteksi sejauh mana integritas diluar dari ilmu kepemiluan dari calon nantinya,” ujar Andi Syahwiah A. Sapiddin.

Dia menjelaskan, tahapan pengumuman akan mulai dibuka tanggal 01 hingga 09 Februari, yang dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran yang dibuka 10-20 Februari 2023 mendatang.

“Sosialisasi ini pada dasarnya menyampaikan jadwal tahapan seleksi dan persyaratan calon anggota Bawaslu Sulsel, kita buka peluang sebesar besarnya kepada siapapun teman teman di Pangkep untuk ikut menjadi komisioner Bawaslu provinsi,” tambah perempuan yang akrab disapa Bu Andi tersebut.

Sosialisasi ini sendiri digenjot menyusul masa kerja jabatan anggota Bawaslu Sulsel yang akan berakhir pada Maret 2023 mendatang.

Tidak hanya jadwal tahapan seleksi, Andi Syahwiah juga membeberkan sejumlah Syarat untuk calon komisioner Bawaslu, diantaranya usia pendaftar minimal 35 tahun,
Bebas narkotika, tidak terdaftar sebagai anggota parpol minimal 5 tahun dan tidak bergabung di salah satu organisasi kemasyarakatan.

Timsel sendiri berupaya menjaring putra-putri terbaik dan memberikan kesempatan bagi calon anggota Bawaslu yang potensial untuk mendaftar di tingkat provinsi khususnya dari Kabupaten Pangkep.

“Kami pastikan seleksi ini tidak main main, bisa dipertanggung jawabkan, Intinya tugas kami menjaring 14 nama yang lolos hingga tahap akhir, sebelum diseleksi dan ditetapkan 7 nama definitif oleh Bawaslu RI,” tutupnya.

Terpisah Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangkep, Hamsinar Hamid siap membantu mensosialisasikan pembentukan anggota Bawaslu Sulsel sesuai dengan kebutuhan.

“Tugas kami adalah menyukseskan seleksi ini, kami akan turun mengajak putra putri Pangkep yang potensial untuk ikut dalam penjaringan,” singkat Hamsinar.

Saat ini tim Seleksi Bawaslu Sulsel yang terdiri dari Ketua Timsel, Suparno, Sekretaris Timsel, Andi Syahwiah A. Sapiddin. Serta anggota, Romi Librayanto, Syarifah Raehana, dan Robby R Repi gencar melakukan sosialisasi.

Khusus untuk Andi Syahwiah, selain bertanggung jawab melakukan sosialisasi di Kabupaten Pangkep, juga masih akan melakukan road show ke sejumlah kabupaten seperti kabupaten Pinrang, Sidrap, Barru dan kota Parepare. (*)

  • Bagikan