Ponpes Tahfidz Quran Muhajirin Towata Takalar Terima Santri Baru Tahun Ajaran 2023-2024

  • Bagikan

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Muhajirin (PPTQM) yang terletak di Dusun Bontotinggi, Desa Towata, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar membuka pendaftaran, penerimaan santri baru untuk putra-putri tahun ajaran 2023-2024.

Pimpinan Ponpes PPTQM, Ust. Baharuddin, S.Kep, Ns M.Kes atau yang akrab disapa Daeng Ruppa mengatakan, jenjang pendidikan yang tersedia di Ponpes binaannya itu yakni
Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) fokus Tahfidz.

“Pendaftaran mulai dibuka 1 Februari 2023, bagi yang berminat bisa chat sebelumnya atau langsung datang ke kantor Ponpes untuk mengambil formulir, kemudian santri yang tamat nantinya akan memperoleh dua ijazah, satu ijazah tahfidz dan satu lagi ijazah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar,” kata Ust. Baharuddin, Selasa 7 Februari 2023.

Ia berharap, keberadaan Ponpes diatas ketinggian Towata yang bersebelahan dengan sungai Jeneberang dan Bendungan Bissua itu dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya khususnya di Kabupaten Takalar.

“Alhamdulillah, memasuki tahun ke Tiga usia PPTQM telah berhasil mencetak 5 orang santri hafidz 30 juz, dan santri lain yang hafalannya masih di 5, 10, 15, 20, 25, hingga 27 juz Insya Allah secepatnya dapat menyelesaikan 30 juz, itu harapan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, Baharuddin menjelaskan sejumlah fasilitas yang akan dinikmati santri nantinya meliputi gedung asrama 2 lantai, perpustakaan, klinik, poskestren, koperasi dan sarana olahgara, dapur serta loundry seragam.

“Ponpes PPTQM yang kami asuh
dikelola oleh tenaga pendidik dari berbagai Alumni dalam dan luar negeri yang berpengalaman dan berkualifikasi S1, S2,” katanya.

Menurut Baharuddin, semua sarana dan prasarana serta tenaga pendidik yang mumpuni itu dalam upaya mewujudkan visi Ponpes (PPTQM) yaitu menjadikan kelas tahfidz Al-Quran sebagai wadah untuk menumbuhkan generasi penghafal Qurani.

Serta Misi sambung dia, Menyelenggarakan proses pendidikan yang menjadikan Al-Quran sebagai ruh sinergitas dengan keilmuan lainnya, mondorong lahirnya generasi Qur’ani yang memiliki aqidah yang benar, berprestasi, memiliki kemampuan leadership, mandiri, berakhlak baik dan dapat diteladani, serta menjadi markas tahfidz Qur’an terbaik di kawasan Timur Indonesia.

Sementara itu Mudir Tahfidz, Al Hafizh Muhammad Yusri Hafidzahullah mengajak putra-putri Takalar maupun yang berasal dari luar Takalar untuk bergabung mondok di Ponpes PPTQM Towata.

“Bagi santri yang berprestasi menyelesaikan hafalan tepat waktu, disiplin dan bertanggung jawab maka akan dibebaskan biaya mondok serta umroh gratis bagi santri yang khatam qubro 30 juz,” tandas alumni Al Ashar Mesir itu.

Terpisah, salah seorang alumni angkatan satu Ponpes PPTQM, Muhammad Riza Arnanda Bahar, berharap kepada adik-adik kelasnya bisa mengikuti jejaknya menghafal Al-Qur’an 30 juz dalam waktu yang relatif singkat.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya
bisa lebih banyak lagi santri Ponpes PPTQM tembus 30 juz khataman qubro,” harap Al Hafizh Muhammad Riza Ananda Bahar. (*)

  • Bagikan