Kominfo Palopo Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi SPBE

  • Bagikan
Dinas Kominfo Kota Palopo menggelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber dan Urgensi Penerapan Manajemen Keamanan Informasi SPBE di Pemerintah Kota Palopo di ruang Ratona kantor wali kota Palopo, Rabu (15/2).

PALOPO, BACAPESAN.COM – Dinas Kominfo Kota Palopo menggelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber dan Urgensi Penerapan Manajemen Keamanan Informasi SPBE di Pemerintah Kota Palopo di ruang Ratona kantor wali kota Palopo, Rabu (15/2).

Plt. Kadis Kominfo, Wahyudin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi kesadaran keamanan informasi SPBE dilingkup pemerintah Kota Palopo berpedoman melalui peraturan badan Siber dan sandi Negara nomor 4 tahun 2021.

“Kegiatan kita laksanakan untuk menguatkan kesadaran kita, akan pentingnya keamanan informasi berbasis sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), sekaligus peningkatan SDM semua kepala OPD dengan tujuan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Kota Palopo,” kata Wahyudin.

Terpisah, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanzah dalam hal ini mewakili wali kota Palopo, mengatakan bahwa kegiatan pemahaman tentang pentingnya kesadaran keamanan informasi SPBE di era transformasi digital.

“Kegiatan hari ini adalah bagian dari proses edukasi bagi kita semua, dalam rangka menambah wawasan dan pemahaman kita, serta menguatkan kesadaran kita akan pentingnya keamanan informasi sistem pemerintahan berbasis eletronik,” kata Firmanzah.

Lanjut kata Firmanza, bahwa di era transformasi digital adalah sebuah tuntutan perkembangan dan kebutuhan, baik dalam pengelola pemerintah mau pun dalam hal pelayanan publik.

“Digitalisasi layanan telah menjadi kebutuhan hari ini, karena dengan layanan digital kita berharap semakin memudahkan dan mempercepat pemberiaan layanan terhadap masyarakat kita,” tambah Firmanza.

Sekda Kota Palopo, menambahkan bahwa transformasi digital telah mengiring pada ruang interaksi yang lebih luas, tidak hanya menjadi masyarakat Kota Palopo atau warga Negara Indonesia akan tetapi terkoneksi menjadi Global.

Ditempat sama, melalui narasumber Aris Munandar selaku Analisa Tata Kelola Cyber Sub Kordinator mejelaskan, bahwa bukan hanya manfaat kemajuan teknologi dan informasi yang bisa dinikmati, akan tetapi beragam ancaman sedang mengintai melalui kejahatan Siber (Cyber Crime).

“Disinilah pentingnya kita memiliki kesadaran akan keamanan informasi SPBE, apalagi era digitalisasi saat ini banyak link berita berupa Hoaks, yang dapat merugikan para pengguna internet. Dengan adanya sosialiasi hari ini bisa menambah wawasan kita, agar tidak merugikan diri sendiri,” ucap Aris Munandar. (*)

  • Bagikan