Wali Kota Parepare Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024

  • Bagikan

PAREPARE,BACAPESAN.FAJAR.CO.ID-Walikota Parepare Taufan Pawe, membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan awal RKPD Kota Parepare Tahun 2024.

Wali Kota Taufan Pawe hadir didampingi, Sekretaris Daerah Iwan Asaad, para Asisten, staf ahli, pimpinan SKPD, Camat dan Lurah, LPMK, organisasi pemuda dan organisasi perempuan, yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Selasa (21/2/2023).

Plt Kepala Bappeda Kota Parepare, Samsuddin Taha, dalam laporannya menyampaikan, bahwa konsultasi publik rancangan awal RKPD ini dilaksanakan dengan maksud, untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya, untuk memberikan masukan dan saran terhadap rancangan awal RKPD Kota Parepare Tahun 2024.

“Konsultasi publik ini dilakukan dengan tujuan untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD Kota Parepare tahun 2024, berdasarkan saran dan masukan yang terertuang dalam berita acara dalam kesepakan konsultasi publik,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan, konsultasi publik RKPD ini merupakan tahap lanjutan dari Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) yang akan diselaraskan dalam penyusunan rancangan awal RKPD Tahun 2024.

“Tentu jika kita berbicara Rancangan Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) , itu pedomannya RPJMD, karena RPJMD kita sudah tidak ada, olehnya itu kita membuat rancangan rencana pembangunan daerah untuk 2024-2026, jelas Taufan.

Walikota Parepare dua periode ini juga mengingatkan agar mengoptimalisasikan realisasi RPJMD Tahun 2018-2023.

“Kalau kita liat capaian RPJMD kita, memang sekarang ini untuk 2018-2023 baru kisaran 87 persen. Ini harus kita genjot sampai akhir tahun,” ujarnya.

Olehnya itu kata dia, RKPD ini nanti harus memang dipedomani oleh setiap SKPD selaku pengguna anggaran agar supaya menyusun renstra. karena ini kata Taufan, akan dipedomani oleh penjabat Walikota, yang tidak memiliki visi-misi.

Taufan berharap, dengan konsultasi publik rancangan awal RKPD ini untuk Tahun anggaran 2024 harus diselaraskan dengan RKPD.

“Organisasi diharap berikan kotribusi pemikirannya untuk pembangunan Tahun 2024,” harapnya.
(***)

  • Bagikan