Jaga Stabilitas Jasa Keuangan dan LJK, OJK Hadirkan Berbagai Kebijakan Ditengah Dinamika Perekonomian Global

  • Bagikan
Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang di gelar via zoom, Senin (28/2/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan tetap terjaga dan kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan (LJK) tetap tumbuh kuat, selama Februari 2023.

Kondisi tersebut berkontribusi mempertahankan kinerja perekonomian nasional di tengah masih tingginya ketidakpastian global.

Hal ini diungkapkan dalam Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang di gelar via zoom, Senin (28/2/2023).

Kinerja perekonomian global di awal tahun 2023 secara umum berada di atas ekspektasi khususnya di AS dan Eropa untuk pasar tenaga kerja yang persisten kuat dan indikator sektor riil lainnya bergerak positif. Selain itu, reopening perekonomian Tiongkok juga meningkatkan optimisme bahwa resesi global dapat dihindari.

Namun demikian, pengetatan kebijakan moneter global diperkirakan terus berlanjut seiring penurunan inflasi yang lambat. Selain itu, harga komoditas yang terus turun perlu dicermati.

“Di tengah dinamika perekonomian global tersebut, indikator perekonomian domestik terpantau tetap solid. Neraca dagang melanjutkan surplus di Januari 2023, begitupun Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur juga terus berada di zona ekspansi dalam kurun waktu 17 bulan terakhir,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae

Tidak hanya itu, optimisme dan konsumsi masyarakat juga mencatatkan perbaikan yang terkonfirmasi dari kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen dan Indeks Penjualan Ritel. (*)

  • Bagikan