Sambangi Makassar, Mensos RI Serahkan Bantuan Donasi Di Sentra Wirajaya Makassar

  • Bagikan
Menteri Sosial Republik Indonesia RI, Tri Rismaharini mengunjungi Sentra Wirajaya di jalan AP Pettarani Rabu (01/03/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Menteri Sosial Republik Indonesia RI, Tri Rismaharini mengunjungi Sentra Wirajaya di jalan AP Pettarani Rabu (01/03/2023).

Kunjungan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Kitabisa.com dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial untuk korban pelecehan seksual di Kabupaten Pinrang dan santunan ahli waris korban pelecehan seksual di Kabupaten Bone.

Bantuan tersebut erupa bantuan rumah tidak layak huni, bantuan kewirausaan, bantuan pengobatan, bantuan rumah tahan gempa, perbaikan MCK, pemenuhan kebutuhan hidup layak, pendidikan, nutrisi, dan tabungan keuntungan dari Sentra Kreasi Atensi (SKA) Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makasar.

Turut hadir mendampingi kunjungan Risma, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Pepen Nazaruddin, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosipa Robben Rico, Staf Khusus Mensos Bid. Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Kanya Eka Santi, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makasar, Anna Puspasari, Kepala Sentra Nipotowe Palu Nursyamsu, Kepala Sentra Wirajaya Makasar Heru Cahyono, Kepala Sentra Gaumabaji Makasar, Subhan, dan Kepala Sentra Meohai Kendari, Budi Cahyono.

Risma mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari berbagai media baik medsos maupun media massa sehingga tergerak menjadi donatur dan membantu kasus yang ada di Sulawesi.Risma juga mengapresiasi kepedulian masyarakat untuk saling membantu.

“Banyak permasalahan sosial yang dihadapi saat ini, tugas kita adalah saling membantu, memberikan kepedulian yang besar untuk meringankan beban mereka, terima kasih orang baik,”ujarnya.

Dikatakannya, selain bantuan open donasi masyarakat, Kementerian Sosial juga telah memberikan bantuan Atensi kewirausaha kuliner dan kewirausaha motor kepada Annisa Muliadi sebesar Rp 28.44.830, dan bantuan Atensi kewirausahaan becak motor dan biaya rumah sakit kepada Fahreza Pratama Mulyadi sebesar Rp 12.360.484.

Selama penanganan kasus bayi Amirah yang diagnosa Bronkopneumoni + GEA, Kementerian Sosial melalui Sentra Wirajaya telah memberikan bantuan Atensi rehabilitasi sosial sebesar Rp12.300.200. Saat ini Kondisi bayi Amirah sudah terlihat baik.

Kepada Media, Risma juga mengucapkan terima kasih atas perannya dalam memberikan informasi. Kontribusi media begitu besar dalam membantu pemerintah untuk menyampaikan kondisi dan situasi yang ada di lapangan.

“Sebab diketahui banyaknya kasus yang viral tentu tidak luput dari peran awak media, tentunya saya mengucapkan terima kasih untuk kerjasama ini,” Ucapnya lagi.

“Hari ini ada tujuh orang yang mendapatkan santunan. Adapun bentuk santunannya berupa uang tunai untuk biaya pengobatan dan perawatan,” sambungnya

Diketahui total bantuan atensi yang diserahkan senilai Rp. 402.299.600. Bantuan tersebut berasal dari Sentra Nipotowe Palu, Sentra Meohai Kendari, Sentra Takalar Makasar, Sentra Gaumabaji dan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar. (*)

  • Bagikan