Baznas Parepare Gagas Dua Program Ramadan 1444 H

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Parepare, gagas program pengumpulan zakat yang akan dimasifkan pada bulan suci ramadan 1444 hijriah tahun 2023.

Ketua Baznas Kota Parepare, Saiful Amir menjelaskan, terdapat dua program yang akan dilaksanakan, untuk memasifkan pelaksanaannya, dilakukan sosialisasi yang dipusatkan di masing-masing kantor KUA tiap Kecamatan.

“Kegiatan hari ini kami lakukan di kantor KUA Kecamatan Bacukiki, ini juga merupakan bentuk silaturahmi sekaligus jalin sinergitas dengan penyuluh zakat dan perhimpunan pengurus masjid di tiap kecamatan,” jelasnya.

Saiful menerangkan, dua program gencar disosialisasikan diantaranya, membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di semua masjid -masjid, dan kedua membentuk UPZ disetiap kecamatan yang berbasis di KUA.

“Karena sebentar lagi masuk ramadan dan dari pengalaman tahun sebelumnya, peranan masjid sangat potensi mengumpulkan zakat hingga mencapai 60 persen,” ungkapnya.

Dari 60 persen zakat, kata Saiful, biasanya dapat terkumpul Rp107 miliar dari 218 masjid di kota Parepare. “Olehnya itu sangat penting membentuk struktur lengkap mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan dan masjid untuk mengatur zakat yang terkumpul nantinya,” terangnya.

Saiful berharap, dua program ini dapat berjalan masif dibulan suci ramadan karena manfaatnya sangat besar. “Dari zakat yang terkumpul ini, kita dapat memberi manfaat baik kepada pemberdayaan ekonomi dan keumatan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bacukiki, Taufiqur Rahman, menyambut baik silaturahmi dan sinergitas tersebut.

“Memang kita pahami satu diantara delapan tugas pokok dan fungsi penyuluh di KUA salah satunya adalah zakat, diharapkan nantinya dapat melaksanakan program ini dengan baik bersama Baznas Parepare demi pembangunan keumatan,” harapnya.

(***)

  • Bagikan