Pemkot Parepare Kembali Relokasi Pedagang Pasar Wekke’e

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota Parepare, menurunkan petugas gabungan untuk menertibkan puluhan pedagang yang berada di pinggir jalan Garuda menuju pasar Wekke’e, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Senin (6/3/2023).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suriani, saat ditemui di lokasi menyampaikan, penataan PKL tersebut dilakukan lantaran para pedagang tak ingin menempati los yang telah disediakan di dalam Pasar Wekke’e.

Penertiban itu pun dilakukan dengan cara humanis, dengan memberi pencerahan kepada PKL agar ingin menempati los yang sudah disiapkan di dalam pasar Wekke’e secara gratis oleh Pemerintah Kota Parepare.

“Penataan pedagang dilakukan agar penjual yang berada di pinggir jalan tidak semrawut menjual lagi di pinggir jalan,” jelasnya.

Penertiban pedagang yang berada di pinggir jalan itu kata Suriani, melibatkan Camat, Lurah, Forkopimcam, Dinas Perdagangan dan dibackup oleh satpol PP.

“Jadi semua pedagang yang ada di pinggir jalan itu, seperti penjual sayur penkual ikan, semua sudah disiapkan los di dalam pasar gratis, hanya saja mereka tidak mau masuk malah lebih senang menjual di pinggir jalan, padahal itu dapat merusak estetika jalan, jadi kami coba menatanya hari ini,” ungkapnya.

Sebelum dilakukan penertiban, tambahnya, Pemerintah Kota melalui Lurah, Camat, Dinas Perdagangan, dan Satpol PP telah menyampaikan dan memberi edukasi pedagang dapat menempati lapak di dalam pasar Wekke’e.

“Bahkan, para pedagang tersebut telah menandatangani sendiri surat pernyataan untuk menempati losnya, namun hingga hari ini belum ditempati,” ujarnya.

Suriani menerangkan, para pedagang seharusnya bersyukur karena Pemerintah Kota Parepare telah merenovasi pasar Wekke’e dengan memberikan los secara gratis.

” Langkah ini juga dilakukan untuk menghadirkan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Kecamatan Bacikiki,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Prasetyo Catur, menambahkan, Pemerintah Kota Parepare menyiapkan sebanyak 80 los ataupun lapak di dalam pasar wekke’e.

“Sesuai pernyataan yang mereka buat sendiri, maka kami akan melakukan penertiban lapak di pinggir jalan ini juga untuk mengurai kemacetan jalan menuju pasar Wekke’e bersama petugas gabungan dari TNI/ Polri dan Satpol PP,” jelasnya.
(***)

  • Bagikan

Exit mobile version