Perkuat Industri Maritim di Wilayah Timur Indonesia, IKI dan PTK Jajaki Kerja Sama

  • Bagikan
Perkuat Industri Maritim di Wilayah Timur Indonesia, IKI dan PTK Jajaki Kerja Sama

BACAPESAN.COM – Guna mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia, PT Industri Kapal Indonesia (Persero) terus berupaya meningkatkan sumbangsinya dalam pencapaian visi tersebut.

Belum lama ini, perusahaan yang juga dikenal dengan nama IKI itu, menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental
(PT.PTK), yang merupakan anak perusahaan dari PT.Pertamina (Persero), Kamis, 9 Maret 2023.

Diana Rosa selaku Direktur Utama PT IKI dan Nepos MT.Pakpahan selaku Direktur Utama PT.PTK telah menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Melalui skema join marketing, kedua perusahaan akan bersama-sama mengembangkan bisnis dockyard Sorong milik
PT PTK.

Dalam keterangan tertulisnya, Diana Rosa menyampaikan kerja sama tersebut tidak semata-mata untuk pengembangan bisnis, melainkan bentuk dukungan IKI terhadap kesiapan docking repair kapal-kapal
di seluruh wilayah Timur Indonesia.

“Sebagai Galangan Kapal BUMN yang berada di wilayah Timur Indonesia, IKI tidak hanya fokus pada pembenahan internal untuk pencapaian kinerja excellent, namun turut mendukung kesiapan docking repair kapal-kapal di seluruh wilayah Timur Indonesia”, ucapnya.

Srikandi BUM itu melanjutkan bahwa potensi maritim di kawasan Timur Indonesia membutuhkan kesiapan galangan kapal sebagai bagian dari infrastruktur maritim. Sinergi BUMN antara IKI dan PTK
diharapkan dapat mendukung kelancaran transportasi laut, dan eksplorasi sumber daya maritim, demi
terwujudnya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Guna mendukung kelancaran transportasi laut dan pencapaian visi poros maritim dunia. Dan ini direalisasikan dengan adanya MoU dengan Pertamina Trans Kontinental yang memiliki galangan di Sorong”,tegasnya.

Kerja sama ini akan menjadi pintu bagi masing-masing perusahaan untuk melakukan sharing knowledge dalam bentuk pelatihan teknis maupun non teknis di bidang project management, engineering dan bidang terkait lainnya. (*)

  • Bagikan