Dengan Antrean Online, BPJS Kesehatan Komitmen Tingkatkan Mutu Layanan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJR.CO.ID – Salah satu yang menjadi harapan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah adanya peningkatan mutu layanan kepada peserta JKN. Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu layanan tersebut, berbagai inovasi juga telah dihadirkan BPJS Kesehatan, salah satunya inovasi berbasis digital yaitu Aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengungkapkan Aplikasi Mobile JKN ini hadir dengan berbagai fitur untuk memberikan kemudahan kepada peserta dalam memperoleh layanan. Salah satu fiturnya yaitu fitur pendaftaran pelayanan yang dapat digunakan oleh peserta ketika ingin mengambil antrean secara online, sehingga peserta dapat mengatur waktu berkunjungnya di fasilitas kesehatan, tanpa perlu lagi menunggu lama dalam mengakses layanan.

“Pemanfaatan antrean online dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta, sehingga peserta dapat dengan mudah mengambil antrean dan datang sesuai waktu yang tertera pada aplikasi tersebut,” tutur Andi Rismaniswati, Selasa (07/03).

Andi Rismaniswati menambahkan bahwa yang juga tak kalah pentingnya adalah dukungan dari stakeholder dalam menyukseskan transformasi mutu layanan ini, sehingga manfaat dari Program JKN dapat dirasakan oleh seluruh peserta.

“Dibutuhkan kolaborasi seluruh pihak dalam mewujudkan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN. Aplikasi Mobile JKN juga telah dihadirkan BPJS Kesehatan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk memperoleh kemudahan layanan,” ungkap Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang telah diberikan oleh seluruh pihak, termasuk fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN.

Terkait dukungan dalam menyukseskan Program JKN, juga ditunjukkan oleh Puskesmas Cempae Kota Parepare. Kepala Puskesmas Cempae, Suci Primawati Rusman mengungkapkan bahwa Puskesmas Cempae sejak tahun 2021 telah menyiapkan beberapa perangkat dalam mendukung implementasi antrean online ini.

“Kami berusaha untuk untuk memberikan yang terbaik kepada peserta. Kami juga selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, guna memberikan kemudahan layanan kepada peserta melalui antrean online ini,” ungkap Suci.

Lebih lanjut, Suci juga menjelaskan bahwa salah satu yang juga merupakan bentuk dukungan Puskesmas Cempae dalam implementasi antrean online adalah dengan rutinnya memberikan sosialisasi terkait penggunaan Aplikasi Mobile JKN kepada peserta yang sedang berobat di Puskesmas.

“Kami juga senantiasa memberikan informasi kepada peserta dan mengedukasi untuk mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, karena Aplikasi ini sangat memudahkan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, termasuk fitur pendaftaran pelayanan untuk mengambil antrean,” tutur Suci.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya fitur antrean online ini juga, peserta JKN tidak lagi menunggu lama untuk mendapatkan layanan di poliklinik Puskesmas.

“Alhamdulillah sejauh ini, peserta sangat terbantu dengan adanya antrean online pada Aplikasi Mobile JKN,” ungkapnya.

Suci juga menuturkan bahwa pemanfaatan penggunaan antrean online di Puskesmas Cempae juga semakin meningkat, ini dikarenakan peserta JKN telah merasakan manfaat dari kemudahan layanan antrean online ini.

“Dengan antrean online ini, sangat membantu peserta dan manfaatnya juga telah dirasakan. Oleh karena itu, sampai dengan saat ini, ada peningkatan peserta yang menggunakan antrean online ini, dan kami berharap peserta yang lain juga dapat memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN,” tutur Suci.

Diakhir perbincangan, Suci kemudian mengungkapkan harapannya agar BPJS Kesehatan dapat terus menghadirkan inovasi-inovasi baru yang memberikan kemudahan kepada peserta, sehingga manfaatnya dapat dirasakan, terutama manfaat kemudahan dalam mengakses layanan. (***)

  • Bagikan