Tim Penilai Lomba Inovasi LAN RI Makassar: Disporapar Parepare Layak Jadi Percontohan Kantor Pemerintahan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Tim Penilai lomba inovasi Puslatbang KMP LAN RI Makassar, kini turun ke lokasi melakukan penilaian untuk tahap verifikasi lapangan dengan mengunjungi para Inovator di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan UPTD lingkup Pemerintah Kota Parepare yang telah dinyatakan lolos pada tahap presentasi dan Wawancara.

Tim Penilai lomba inovasi Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Erman Faruddin, yang ditemui di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) usai melakukan penilaian verifikasi lapangan, menyampaikan apresiasi kepada Inovator Amarun Agung Hamka, yang juga merupakan Kepala Disporapar Parepare.

Erman mengungkapkan, apa yang telah dipresentasikan Inovator (Amarun Agung Hamka) di Puslatbang KMP LAN RI Makassar, sesuai apa yang ditemukan saat penilaian verifikasi lapangan di Kantor Disporapar Parepare.

“Kami sudah mengecek semuanya mulai dari yang di depan kantor Disporapar tadi kita cek ada tempat berdiskusi, gazebo, kemudian di kantor ini juga ada videotron bisa nonton bareng, kemudian di bawah kantor juga ada tempat untuk berkarya bagi pemuda-pemuda kreatif dilengkapi dengan ketersediaan jajanan dari UMKM, saya kira semua sudah sesuai dengan apa yang disampaikan pada saat presentasi dan wawancara di Makassar kemarin,” ungkapnya.

Melalui pantauannya juga, dia mengatakan jika setibanya di Kantor Disporapar Parepare merasa takjub dengan suasana kantor layaknya berwisata.

“Sangat-sangat bisa untuk dijadikan inspirasi juga bagi kantor-kantor pemerintahan lainnya dengan menghadirkan ruang pertemuan terbuka seperti ini, jadi tidak mesti mengadakan rapat di dalam ruangan tertutup tetapi bagaimana menghadirkan suasana kantor yang menarik dengan warna-warni, ada papan catur, visualisasi beberapa spot-spot menarik, ini semua tentu memberi rasa nyaman bekerja,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Erman juga mengapresiasi Kepemimpinan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang terus mendorong jajarannya berinovasi.

“Pemerintah Kota Parepare menghadirkan lomba inovasi bekerjasama Bappelitbangda Sulsel, tentu menjadi wadah teman-teman ASN di Pemerintahan kota Parepare untuk membuat inovasi yang bisa meningkatkan kinerjanya dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Inovator “Kantor Dewiku”, yang juga Kepala Disporapar, Amarun Agung Hamka, menjelaskan, inovasi yang digagasnya itu bertujuan untuk mengubah lingkungan kerja yang asri layaknya destinasi wisata.

Hamka menguraikan, di pelataran parkir dihadirkan taman dengan sejumlah fasilitas berfoto dan bersantai ala-ala instagramabel. Dinding kantor yang terdiri dari tiga bangunan dihiasi motif warna -warni yang dipadukan simbol kepemudaan, objek destinasi wisata, budaya dan olahraga.

Selain itu lanjut, Alumni STPDN ini, di depan kantor Disporapar juga dilengkapi dua gasebo untuk tempat bersantai, kemudian dipasang gabungan meja dan kursi multifungsi yang kerap di tempati menerima kunjungan tamu, rapat dengan staf, pertemuan dengan para awak media, maupun bersantai dengan konsep outdoor.
(***)

  • Bagikan