Bulan Ini, Pertamina Siap Terapkan Subsidi Tepat Khusus Bio Solar

  • Bagikan
Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pertamina Patra Niaga (Persero) bersiap menerapkan program subsidi tepat, khusus untuk pembelian solar di Sulawesi Selatan.

Program ini mulai diberlakukan 21 Maret mendatang di 24 Kabupaten kota di Sulsel sebagai tahap uji coba.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, uji coba program subsidi tepat ini sebelumnya telah di berlakukan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Sedang di daerah Jawa, program ini telah berlaku sejak Juli 2022 lalu.

Adapun aturan pada subsidi tepat berbeda untuk setiap jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda 4 pribadi akan berikan maksimal 60 liter perhari, kendaraan angkutan umum roda 4 maksimal 80 Liter, dan di atas 6 roda maksimal 200 liter per hari.

“Angka tersebut diberikan pemerintah guna menyasar dengan tepat yang berhak mendapatkan subsidi tepat,” ujar Fahrougi saat ditemui, Rabu (8/3/2023).

Dirinya melanjutkan, pemberlakuan program subsidi tepat ini juga untuk mencegah oknum melakukan pencurian jatah untuk setiap kendaraan yang ditandai dari plat kendaraan.

“Kendala sekarang perhari ini transaksi bio solar yang tercatat hanya 52 persen dari 100 persen yang disiapkan, atau sekitar 33 ribu transaksi. 48 persen lebihnya belum terdaftar dengan barcode. Kami masih ada waktu 2 minggu untuk mendaftar,” ungkap
Fahrougi.

“Bagi masyarakat yang bingung mendaftar melalui website, bisa mengunjungi SPBU terdekat dan masyarakat yang tidak memiliki barcode, pembelian maksimal hanya 20 liter per hari. Nantinya akan ada Posko disediakan untuk daftar di SPBU, kalau tidak bisa terdaftar pasti terkena batasan hanya bisa mengisi maksimal 20 Liter perhari,” tutupnya. (Hikmah)

  • Bagikan