Satu-Satunya di Sulsel, Lomba Inovasi Pangan Aman Pemkot Parepare Masuk Nominasi 10 Besar

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) kota Parepare tenerima Tim Verifikasi lapangan lomba desa/kelurahan pangan aman tingkat nasional tahun 2023.

Rombongan tim penilai masing-masing perwakilan dari BPOM dan Kementerian Kesehatan ini, diterima Asisten II Setdako Parepare Suriani di ruang data Kantor Walikota Parepare.

Pada kesempatan itu, Gabungan Dinas Pangan Aman (Gadis Paman) 14 SKPD, juga hadir untuk dilakukan verifikasi berkas yang selanjutnya dikunjungi ke titik lokasi penilaian.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Parepare, Suriani menjelaskan, penilaian ini dilakukan karena Kota Parepare masuk 10 besar dalam nominasi Desa/Kelurahan pangan aman tingkat nasional, yang diwakili oleh Kelurahan Galung Maloang.

“Parepare masuk 10 nominasi tingkat nasional, hari ini tim verifikasi lapangan turun melihat kondisi dokumen yang ada yang telah kita kirim sebelumnya pada tahapan wawancara, untuk mengecek dengan kondisi di lapangan yang ada, “jelasnya

Lebih lanjut Suriani memaparkan, terpilihnya Kelurahan Galung Maloang sebagai salah satu nominator dari 10 Kelurahan Desa/Kelurahan se Indonesia, bukan tanpa alasan.

Menurutnya, Kelurahan Galung Maloang berhasil mereplikasi dan menghidupkan sendiri, program-program Pangan Aman yang ada di Kelurahan Lompoe. Dimana pada tahun 2021 Kelurahan Lompoe berhasil meraih Kelurahan Pangan aman terbaik tingkat Nasional.

“Replikasi artinya disini, dia (Kelurahan Lompoe) hidupkan sendiri tanpa bantuan dari pihak luar. Balai POM hanya sebagai pendamping untuk kita mintai beberapa hal yang bisa kita masukkna di replikasi pangan aman, ” terangnya.

Ia berharap, dalam lomba Desa/Kelurahan Pangan Aman ini, Kota Parepare bisa meraih juara 1 selayaknya Kelurahan Lompoe pada tahun sebelumnya.

“Setelah melihat 10 desa/kelurahan seluruh indonesia yang masuk nominasi, itu nanti mereka akan memberikan peringkat dari hasil nilai wawancara dannilai verifikasi lapangan. dan tentu kami berhraap kota parepare bisa juara, ” tandasnya.

Sementara, Ketua Tim Verifikasi Lapangan lomba Desa/Kelurahan pangan aman, Sugiatmi dalam sambutannya menyampaikan, Verifikasi lapangan ini merupakan tahapan akhir seleksi Desa/Kelurahan Pangan Aman tingkat nasional, untuk mengecek implementasi program-program yang dipresentasikan pada tahapan wawancara.

“Karena ini merupakan inisiasi sendiri dari Kota Parepare, maka kami akan turun melihat langsung apakah program-program betul-betul sudah terimplementasi di Kelurahan tersebut. Kami juga melihat program-program yang diberikan di kelurahan ini banyak sekali,” ujarnya.

Tim penilai tersebut melakukan verifikasi penerapan keamanan pangan untuk komunitas kantin sekolah, Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Ibu Rumah Tangga, Pelaku Usaha Pangan Siap Saji (PKL), dan Ritel/Warung. Selain itu, dilakukan kunjungan pula ke Sekretariat Keamanan Pangan Kelurahan Galung Maloang.

Adapun 9 Desa/Kelurahan yang masuk nominasi dalam lomba pangan aman tingkat Nasional ini, yaitu kelurahan Pancoran Jakarta, Kelurahan Jeruk Wudel Yogyakarta, Desa Randusari Semarang, Desa Mekong Pekanbaru, Desa Karang Bunga Banjarmasin, Desa Lubuk Cuik Medan, Desa Maelang Manado, Desa Tanjung Lay Pontianak, Desa Tengin Baru Samarinda.
(***)

  • Bagikan