Raih UHC, Pemkot Parepare Terima Penghargaan Dari Wapres

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – BPJS Kesehatan telah hampir 10 tahun menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selama itu pula, BPJS Kesehatan telah bergerak bersama-sama dengan stakeholder termasuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memastikan masyarakat memiliki jaminan kesehatan, hingga tercapai cakupan kesehatan semesta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa dukungan seluruh pihak sangat dibutuhkan dalam menyukseskan Program JKN, dukungan ini yang juga ditunjukkan oleh Pemerintah Kota Parepare, dalam mendukung penyelenggaraan Program JKN di Kota Parepare.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas komitmen dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Parepare kepada BPJS Kesehatan, sehingga Kota Parepare dapat mencapai cakupan kesehatan semesta, dan telah mendaftarkan penduduk melalui segmen peserta PBPU Pemda,” tutur Andi Rismaniswati, Jumat (10/03).

Lebih lanjut, Andi Rismaniswati mengungkapkan bahwa dengan pencapaian cakupan kesehatan semesta yang telah diraih tersebut, Kota Parepare akan mendapatkan penghargaan dalam perhelatan UHC Award, yang akan diselenggarakan selasa mendatang.

“Kota Parepare termasuk salah satu yang nantinya akan menerima penghargaan atas capaian cakupan kesehatan semesta dan nantinya penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia,” ungkap Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati kemudian menambahkan bahwa sebelumnya di tahun 2018, Pemerintah Kota Parepare juga telah mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang saat itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri di Istana Negara. Ini menunjukkan wujud nyata komitmen dari Pemerintah Kota Parepare untuk menyukseskan Program JKN, sebagai salah satu Program Strategis Nasional dalam mewujudkan UHC lebih awal sebelum tahun 2019.

Andi Rismaniswati juga menyampaikan bahwa dukungan Pemerintah Kota Parepare tidak sebatas hanya dengan mendaftarkan masyarakatnya menjadi peserta JKN, namun lebih dari itu, bahwa Pemerintah Kota Parepare ingin agar masyarakat yang telah mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN, juga mengetahui akan beberapa hal penting terkait kepesertaan JKN. Informasi ini kemudian yang disampaikan kepada masyarakat melalui kendaraan M-LIP milik Dinas Kominfo Kota Parepare.

“Dari dukungan yang diberikan ini, kita dapat melihat bahwa Pemerintah Kota Parepare sangat fokus dan berkomitmen dalam mendukung penyelenggaraan Program JKN, kami sangat berterima kasih akan inovasi pemberian informasi tersebut. Kami juga berharap masyarakat dapat mengetahui dan memahami informasi seputar Program JKN, sehingga tidak terkendala ketika ingin mengakses layanan kesehatan,” ungkap Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati kemudian menyampaikan harapannya agar kedepan, sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin dengan baik selama ini, dapat terus terjalin sehingga manfaat dari kepesertaan JKN dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Salah satu manfaat dari kepesertaan JKN yang juga sangat diharapkan adalah adanya peningkatan mutu layanan, yang juga saat ini telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dengan hadirnya berbagai kemudahan layanan yang berbasis digital, salah satunya adalah antrean online,” tuturnya.

Dukungan dalam peningkatan mutu layanan juga telah ditunjunkkan oleh fasilitas kesehatan yang ada di Kota Parepare, sehingga peserta yang ingin memperoleh layanan kesehatan dapat dengan mudah melakukan pendaftaran pelayanan pada Aplikasi Mobile JKN dan untuk selanjutnya mendapatkan nomor antrean yang tertera pada Aplikasi Mobile JKN, tanpa perlu lagi menunggu lama dalam mengakses layanan.

“Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu inovasi berbasis digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta mengambil antrean, sehingga peserta dapat dengan mudah untuk memperoleh layanan di fasilitas kesehatan,” tutup Andi Rismaniswati.(***)

  • Bagikan