Resmi Beroperasi, Layanan Primaya IVF Makassar Setara Rumah Sakit Singapura dan Malaysia

  • Bagikan
Peresmian Primaya IVF Makassar digelar di Auditorium Primaya lantai 9, Minggu (12/3/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Primaya IVF Makassar akhirnya resmi beroperasi setelah sebelumnya melakukan renovasi dan transformasi.

Ditandai dengan gunting pita yang disaksikan dokter dan puluhan tamu undangan, peresmian Primaya IVF Makassar digelar di Auditorium Primaya lantai 9, Minggu (12/3/2023).

Direktur Utama PT Anugerah Bangsa Indonesia, Ade Gustian Yuwono menjelaskan hadirnya Primaya IVF dilengkapi dengan berbagai peralatan lengkap yang sama dengan fasilitas di Rumah Sakit Singapura maupun Malaysia.

Ade juga mengungkapkan, kehadiran layanan bayi tabung ini melengkapi layanan yang selama ini hanya terpusat di 13 Provinsi di Indonesia.

“Kehadiran Primaya IVF ini menjadi challenge buat kami. Sebenarnya layanan bayi tabung sudah ada sejak 2017 lalu dilantai 9 juga, namun kami memutuskan untuk membuat solusi baru. Terdapat 53 layanan bayi tabung yang hanya terpusat di 13 provinsi, sedang di 25 provinsi lainnya tidak ada. Para pasien harus keluar dari daerahnya hingga keluar negeri. Menurut data devisa terserap 3 T setiap tahunnya,” jelasnya.

Lebih jauh, Ade menjelaskan masalah bayi tabung di Indonesia adalah akses dan keterjangkauan. “Faktor harga juga menjadi hambatan. Tugas kami selain memperluas akses suka menghadirkan berbagai layanan misalnya pra menikah hingga pasca pernikahan,” ungkapnya.

Untuk tingkat keberhasilan, menurut Ade 47 hingga 50 persen, “Semua tergantung umur dan permasalahan yang dimiliki masing masing pasien,” sebutnya.

Sejalan dengan hadirnya Primaya IVF ini, Dokter penasehat, Prof Jhon Ratulangi berharap layanan ini berjalan sukses, “Ke depan mudah mudahan ini berjalan dan berhasil,” Harapnya. (Hikmah)

  • Bagikan