Dokter Renny: Berpuasa Cegah Beberapa Jenis Penyakit

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari mengatakan, puasa dapat mencegah diabetes dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi.

Renny menjelaskan, pada saat berpuasa, konsumsi gula dan makanan berlemak berkurang sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

“Seseorang yang menderita penyakit sendi atau encok, juga bisa teratasi karena puasa dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh,” katanya, Senin (3/4/2023).

Renny menjelaskan, manfaat lain puasa bagi kesehatan tubuh yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena, kata dia, terjadi peningkatan limfosit hingga 10 kali lipat dalam tubuh seseorang yang berpuasa, sehingga memberi pengaruh besar pada sistem imunitas tubuh, dan menghidarkan seseorang dari berbagai virus yang bersumber dari luar maupun makanan.

“Berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan, sehingga bisa mengurangi kegemukan. Sebab, usus-usus dalam tubuh akan bersih dari sisa-sisa endapan makan, yang menjadi penyebab banyaknya lemak dalam perut,” jelasnya.

Renny mengemukakan, dari berbagai penelitian, dengan berpuasa ternyata baik bagi kesehatan jantung maupun pembuluh darah. Hal itu, didukung dengan berkurangnya konsumsi terhadap rokok. Bahkan, baik pula untuk kesehatan ginjal.

Renny menerangkan, manfaat lainnya dari berpuasa yaitu dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit mental, maupun meningkatkan ketajaman pola pikir, dan kreativitas semakin tinggi. Terlebih, lanjut dia, dengan kondisi psikologis yang tenang saat berpuasa, berdampak pada pencegahan penyakit kronis.

“Yang jarang diketahui juga bahwa, puasa sebetulnya bisa meningkatkan performa seksual. Meski, puasa dapat menurunkan nafsu dan hormon testoteron atau kejantanan, tapi itu hanya sementara saja. Karena, setelah beberapa hari melaksakan puasa, produksi hormon testoteron justru meningkat,” pungkasnya.
(***)

  • Bagikan