BPJS Kesehatan Gandeng Lurah Labukkang, Tingkatkan Pemahaman Warga Labukkang Terkait Program JKN

  • Bagikan


PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Program Jaminan Kesehatan (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Parepare berkolaborasi dengan Lurah Labukkang, Kota ParepareI menyelenggarakan sosialisasi Program JKN kepada masyarakat, Rabu (05/04). Sosialisasi ini merupakan serangkaian kegiatan yang diprakarsai oleh Lurah Labukkang dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada (Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) tentang Program JKN.

Lurah Labukkang, Akbar Amin sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Ia menyampaikan bahwa penyelenggaran sosialisasi ini sangatlah penting bagi warga terkait informasi yang diberikan dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul sehingga dari yang tidak tahu bisa menjadi tahu bahkan jadi lebih paham.

“Kami mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, semoga RT dan RW yang bisa mengetahui berbagai macam informasi Program JKN secara jelas dan dapat menyampaikan kepada warganya apa bila ada informasi yang kurang jelas sehingga tidak ada lagi informasi yang simpang siur di lapangan,” ungkap Akbar.

Akbar juga mengimbau agar RT dan RW yang hadir dalam kegiatan sosialisasi hari ini bisa betul-betul memahami penjelasan yang diberikan, lalu dapat menjadi perpanjangan tangan BPJS Kesehatan dalam menyampaikan informasi terkait Program JKN ini ke tetangga, keluarga dan warga sekitarnya. Melalui sosialisasi ini juga dijelas berbagai inovasi yang telah diluncurkan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

“Berbagi kemudahan layanan juga dijelaskan pada sosialisasi ini dan semuanya dapat diakses dari rumah hanya melalui telepon genggam. Tadi juga sempat dijelaskan terkait penggunaan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) sebagai pengganti Kartu JKN. Jadi kita tidak perlu khawatir jika tidak membawa kartu atau bahkan kartu hilang,” tambah Akbar.

Secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati yang ditemui oleh Tim Jamkesnews menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar para RT maupun RW dapat memperoleh informasi yang lebih jelas tentang Program JKN. Ia juga menegaskan bahwa Program JKN merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh penduduk Indonesia.

“Kegiatan ini sangatlah penting untuk memberikan pemahaman terkait hak dan kewajiban peserta Program JKN, mulai dari pendaftaran, besaran iuran hingga alur pelayanan di fasilitas kesehatan serta kanal layanan yang dapat mempermudah peserta dalam mengakses informasi seputar BPJS Kesehatan dan juga layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Oleh karena itu apabila ada yang kurang paham terhadap Program JKN dapat ditanyakan pada sosialisasi hari ini,” tutur Andi Rismaniswati.

Sejumlah kemudahan telah disuguhkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah layanan kepada Peserta JKN. Mulai dari kemudahan layanan administrasi sampai pada kemudahan mengakses layanan kesehatan melalui layanan tanpa tatap muka sehingga peserta tidak harus datang ke Kantor. Untuk mendapatkan informasi seputar kepesertaan, pelayanan peserta, hak dan kewajiban, peserta dapat mengakses melalui telepon genggam.

Layanan tanpa tatap muka ini dapat diakses melalui Pandawa dinomor 081181665165, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang dapat dimanfaatkan secara praktis, kapan pun dan di mana pun. Selain itu, Peserta JKN juga dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk memdapatkan lebih banyak lagi kemudahan layanan.

Di akhir perbincangan, tak lupa Andi Rismaniswati menjelaskan mengenai pentingnya bagi masyarakat menjadi peserta JKN. BPJS Kesehatan terus berupaya meningkat mutu layanan kepada peserta, sehingga pelayanan yang diperoleh menjadi lebih mudah, cepat dan setara. (***)

  • Bagikan