Hadapi Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pasar Murah menghadapi perayaan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah digelar Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan.

Program yang rutin dilaksanakan setiap momen perayaan umat muslim ini gelar di kompleks halaman depan rumah jabatan Walikota Parepare, Jumat (7/4/2023).

Pada kegiatan ini, hadir Wali Kota Parepare, Taufan Pawe bersama Wakilnya Pangerang Rahim, menyerahkan secara simbolis paket pasar murah kepada perwakilan penerima manfaat sekaligus, melepas tim pasar murah menyasar 22 kelurahan.

Para Staf Ahli, para Asisten, Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, Lurah, serta Pimpinan Cabang Perum Bulog Kota Parepare, turut hadir pada kegiatan pelepasan tim pasar murah itu.

Kepala Dinas Perdagangan, Prasetyo Catur, dalam laporannya menyampaikan, pasar murah itu dilaksanakan dalam rangka mengendalikan harga maupun stok bahan kebutuhan pokok karena meningkatnya permintaan masyarakat menghadapi lebaran Idul Fitri.

Prasetyo menjelaskan, pasar murah itu juga digelar untuk mendukung program Walikota Parepare dalam rangka pemulihan ekonomi berkelanjutan, serta sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Parepare membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan pokok.

“Sasaran pasar murah menyasar penerima manfaat berjumlah 4.400 KK di 22 Kelurahan,” jelasnya

Prasetyo juga menguraikan jenis komiditas dalam paket pasar murah diantaranya, beras 5kg, gula pasir 2kg, minyak goreng 2 liter, terigu 1kg, minuman 1 botol, susu kaleng dalam satuan 1 kaleng.

“Nilai satu paket seharga Rp55 ribu, total anggaran disubsidi Pemerintah Kota Parepare sebesar Rp242 juta,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dalam arahannya menyampaikan, kegiatan itu merupakan langkah amaliah ramadan, mengharapkan pasar murah ini terdistribusi sesuai data base warga yang telah didata.

“Tataran pelaksanaanya saya menginstruksikan para camat dan lurah agar dikawal baik-baik, hadir langsung memantau pelaksanaan pasar murah dan sesuaikan data base yang ada ke penerima manfaat,” harapnya

Pada kesempatan itu, Wali Kota Parepare dua periode ini juga meminta kerjasama Bulog Parepare agar beras di pasar murah itu layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Diketahui, hingga ramadan 1444 hijriah di tahun 2023 ini, Pemerintah Kota Parepare melaksanakan pasar murah sebanyak dua kali. Dalam waktu dekat juga akan menggelar operasi pasar sebagai langkah mengantisipasi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok serta menekan laju inflasi.
(***)

  • Bagikan