Telan Dana Rp38 Miliar, Proyek Fasilitas Pelabuhan di Pulau Tanakeke Takalar Dinilai Mubazir

  • Bagikan

TAKALAR, BACAPESAN.COM -Proyek pembangunan fasilitas pelabuhan laut di Desa Mattirobaji, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang dibangun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak 2020 lalu sudah selesai.

Namun, pelabuhan tersebut terkesan mubazir. Sampai saat ini pelabuhan itu diduga tak kunjung dioperasionalkan.

Ketua DPW Lembaga Anti Korupsi dan Kekerasan Hak Asasi Manusia (Lankoras-Ham), Adi Nusaid Rasyid mengkritisi pelabuhan itu
tidak pernah difungsikan hingga saat ini. Padahal, proyek tersebut menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp38 miliar lebih.

“Pelabuhan ini sudah lama dibangun, harus segera difungsikan agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat, jangan sampai terkesan mubazir, ataukah proyek ini sengaja dibangun untuk membuang-buang anggaran saja,” kata Adi Nusaid Rasyid, Jumat 7 April 2023.

Menurut Adi Nusaid Rasyid, belum difungsikannya pelabuhan itu, diduga karena posisi dermaga berada di titik yang dangkal sehingga kapal tidak bisa berlabuh di pelabuhan tersebut.

“Setelah anggota kami melakukan investigasi, ternyata posisi dermaga berada di titik yang dangkal sehingga kapal tidak bisa berlabuh. Apalagi Takalar ini tidak ada kapal besar yang masuk ke Pulau Tanakeke. Ini jelas perencanaannya yang gagal,” pungkasnya.

Sementara, salah seorang pejabat Dinas Perhubungan Takalar yang enggan disebutkan namanya mengaku belum mengetahui pasti kapan pelabuhan tersebut akan dioperasionalkan.

“Belum ada informasi dan penyerahan dari Kementerian Perhubungan. Kami masih menunggu informasi dari Kementerian Perhubungan kapan jadwalnya pelabuhan ini diresmikan dan dioperasionalkan,” kata salah seorang pejabat Dinas Perhubungan Takalar enggan disebutkan namanya.

Sampai berita ini dimuat pihak Kementerian Perhubungan belum berhasil dikonfirmasi. (*)

  • Bagikan