Pesona Ramadhan J-Pro Sukses Digelar, Peserta Membludak Mulai Dari Kabupaten Soppeng Hingga Anak Gubernur Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pesona Ramadhan J-Pro yang digelar di pelataran Mall Ratu Indah, 7-9 April 2023, berakhir dengan sukses dan meriah.

Hari terakhir kegiatan, Minggu (9/4) rupanya ada hal yang menarik dan nyaris dilewatkan oleh panitia.

Lomba Tanfidz Qur’an diam-diam salah satu peserta diikuti oleh anak Orang nomor 1 di Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Anak Gubernur Sulsel atas nama Aisyah Afifah Izzatunnisa Sudirman tercatat sebagai peserta lomba Tanfidz dari SD Wihdatul Ummah Makassar.

“Ketika mendaftar panitia tidak menyadari bila salah satu peserta kami anak dari Gubernur Sulsel, baru tadi kami menyadari setelah kita lihat ada patwal dan ajudan gubernur yang mengantar anak ini,” cerita Fakra Rauf, Divisi humas dan publikasi Pesona Ramadan J-Pro.

Menurut Fakra, walaupun sejak awal panitia tahu ada anak gubernur sebagai peserta, panitia menjamin tidak akan ada perlakuan khusus untuk itu.

“Untuk urusan penilaian lomba kami serahkan sepenuhnya kewenangan juri, dan tidak diintervensi sama sekali,” ungkap Fakra.

Nyatanya memang, dalam lomba Tanfidz yang diikuti 35 anak tersebut, Aisyah Afifah tidak tercatat sebagai salah satu pemenang.

Pesona Ramadhan terdiri dari 3 jenis lomba, yakni, lomba Adzan diikuti 28 anak, Lomba Da”i cilik diikuti 18 anak dan lomba Tanfidz Qur’an diikuti 35 anak. Total peserta 81 anak berasal dari beberapa sekolah Islam baik dari kota Makassar, Gowa, Maros hingga Takalar dan Soppeng.

“Kita sadar ada yang tidak puas karena ini kompetensi, niat lomba ini sebenarnya sebagai ruang apresiasi atas keahlian anak-anak yang bersemangat belajar agama, semoga kedepannya acara ini semakin lebih baik lagi,” pungkas Fakra.

Kemeriahan yang sama juga terlihat di hari kedua, Sabtu 8 April 2023. Yaitu lomba Da’i dan adzan . Peserta yang cukup antusias diikuti anak-anak dari sekolah-sekolah Tahfidz dan Rumah Alquran. Bahkan jadwal lomba yang diperkirakan akan selesai sebelum buka puasa, nyatanya selesai usai shalat tarawih.

Hal ini dibuktikan, dari peserta bukan cuma diikuti dari kota Makassar dan sekitarnya seperti Maros dan Gowa saja. Tapi juga ada yang berasal dari Kabupaten Soppeng dan Takalar.

“Hari kedua Pesona Ramadhan ini kita menggelar dua lomba yakni Lomba
Adzan yang diikuti 30 peserta dan lomba Da’i 18 peserta,” tambah Fakra.

Peserta dari Soppeng, rupanya tidak sia-sia datang jauh-jauh ke Makassar mengikuti lomba, sebab peserta atas nama Akifah Naila Azzahrah berhasil meraih Juara II lomba DA’I.

“Alhamdulillah rasanya senang bisa ikutkan anak saya lomba dan mendapat juara dan ini menjadi motivasi untuk dia terus belajar dan mengasah bakat semoga ke depannya bisa lebih baik lagi aamin,” ujar rahayu adri, Orang Tua Akifah.

Orang tua Akifa juga mengatakan, bahwa mereka tidak punya target apa-apa mengikuti lomba, setidaknya anak mereka mendapat ruang unjuk bakat dalam berbicara depan publik untuk syiar agama. Juga melatih membiasakan percaya diri berbicara depan orang banyak.

” Iye alhamdulillah dari kelas 1 sering ikut lomba sekarang sdh kelas 3 dan alhamdulillah tahun kemarin juara 1 tingkat provinsi sulsel ke bandung lomba porsadin,” kenangnya.

Adapun para pemenang lomba Pesona Ramadan 2023 yang diselenggarakan J-Pro adalah, untuk lomba Da’i
Juara I dari Sekolah Al Fityan School, Keysha Azizah, Juara II Akifa Naila Azzahra dari SDN 100 Dare Bunga Bungae dan Juara III Muh Rafandra Aldebaran Sofyan dari Sekolah Islam Al Fityan School Gowa.

Sementara di Lomba Adzan keluar sebagai Pemenang adalah, Juara I Ahmad Hakim dari Mi Muhammadiyah Panampu, Juara II Muhammad Ahnaf Mulfi dari SD Islam Khairu Ummah, dan
Juara III Andi Ahmad Zahi Bintang Dari SD Islam Wahdah Islamiyah Gowa.

Di Lomba Tahfidz adalah Alwani Hazirah
, Muhammad Fauzan dan A Kaisan Afsan Darendra. Ketiganya adalah siswa dari Al Fityan School Gowa.

Seluruh pemenang berhak mendapatkan Tropy, sertifikat dan hadiah senilai total jutaan rupiah.

Kegiatan Pesona Ramadan sendiri disupport banyak pihak seperti, Mall Ratu Indah, Kalla Grup, Kalla Toyota, Bank Indonesia Wilayah Sulsel, OJK Regional 6, KPPU Makassar, Indosat Ooredoo Hutchison, Browcyl, Tappada, TDA Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, GMTD, Hotel Novotel, Hotel Aston, Hotel Unhas, Hotel Four Points Makassar, Hotel Best Western, Hotel Swissbell Panakukang, Sekolah Alam Bosowa, Utata Cafe, Mercure Hotel, Arbor Hotel, Favor Hotel, Hotel Royal Bay, Hotel Santika, Hotel Arbor, Hotel Mercure, Hotel Gammara, Timur Resto, MG,TSM Makassar, Green kafe22
, Verso & thre3i, Digital print & offsid,
Catering Alif, Jovan Album, Empress Hotel, Bosowa berlian motor. (*)

  • Bagikan