Kemenag Gelar Sidang Isbat 20 April, Lebaran Bersamaan dengan Muhammadiyah 21 April?

  • Bagikan
ILUSTRASI

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kapan Lebaran 2023? Penetapan Lebaran 2023 atau 1 Syawal 1444 Hijriyah antara Pemerintah dan Muhammadiyah akan bersamaan?

Sebab Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri pada Kamis, 20 April 2023.

Biasanya Kemenag menggelar sidang isbat, satu hari sebelum pergantian bulan Hijriyah.

“Kemenag akan menyelenggarakan sidang isbat tanggal 20 April 2023,” ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Kamis, 13 April 2023.

Dijelaskannya, sidang isbat akan mengundang sejumlah pihak, antara lain Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan ormas-ormas Islam, hingga perwakilan duta besar negara sahabat.

Berbeda dengan pemerintah, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada 21 April 2023 yang didasarkan pada kriteria wujudul hilal.

Menurut Zainut, penetapan Idul Fitri berpotensi berbeda dengan keputusan Muhammadiyah. Dalam perhitungan astronomi, posisi hilal masih di bawah ufuk sehingga berpotensi terjadi perbedaan Idul Fitri.

Kendati demikian, ia meminta apabila terjadi perbedaan Idul Fitri tidak menjadikan sebagai faktor pemecah belah persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa.

“Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan, persaudaraan, hormati, dan saling memuliakan,” kata dia.

Peneliti Astronomi dan Astrofisika dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin beberapa waktu lalu menyebut ada potensi perbedaan Idul Fitri tahun ini.

Menurutnya, saat Maghrib, 20 April 2023, posisi bulan di Indonesia belum memenuhi kriteria baru MABIMS, yaitu tinggi minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat yang dipedomani pemerintah. Namun, posisi bulan sudah memenuhi kriteria wujudul hilal.

Apabila merujuk kriteria baru MABIMS, maka Lebaran jatuh pada 22 April 2023, sedangkan bila merujuk wujudul hilal, 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada 21 April 2023. (fin/*)

  • Bagikan