Menkumham Sampaikan Ini dalam Apel Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1444 H

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak beserta jajaran mengikuti secara virtual Apel Kesiapan ‘Pengamanan Idul Fitri 1444 H dan Pelepasan Mudik Bareng’.

Apel ini dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Selasa (18/04/2023).

Menkumham Yasonna mengingatkan jajarannya agar memastikan keamanan lingkungan kerja termasuk rumah masing-masing sebelum kita berangkat cuti. “Apel kesiapan pengamanan ini dilaksanakan dalam rangka menunjukkan kesiapan kita untuk menyikapi cuti bersama Idul Fitri 1444H,” jelas Yasonna.

Ia mengimbau para Pimpinan Tinggi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis untuk memastikan kesiapan petugas pengamanan, lokasi, dan kegiatan yang akan diamankan serta sarana dan prasarana pendukung keamanan. Termasuk menyiapkan langkah-langkah kontijensi apabila terjadi situasi kedaruratan.

“Periksa dan antisipasi berbagai hal yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban seperti pelarian WBP dan deteni, ruangan tidak terkunci, korsleting listrik, gas bocor, dan berbagai hal lainnya,” ucap Yasonna.

Yasonna juga berpesan agar setiap Pimpinan Unit Kerja berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), dan berbagai pihak untuk mendukung keamanan kantor.

“Saya sampaikan terima kasih kepada jajaran Pemasyarakatan dan Imigrasi serta petugas keamanan yang tidak libur mengingat adanya tugas, baik untuk mengamankan dan juga melayani publik,” pesan Yasonna.

Tidak lupa, Yasonna berpesan kepada para pegawai yang hendak mudik ke kampung halaman mengutamakan keselamatan dan kesehatan selama pelaksanaan mudik. Yasonna menjelaskan angka Covid-19 menunjukkan peningkatan dalam beberapa hari terakhir, sehingga peserta mudik harus memperhatikan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Apel ini juga dirangkaikan dengan pelepasan para peserta mudik sebanyak 1.071 Pegawai beserta keluarga Pegawai yang hendak ke kampung halamannya. (*)

  • Bagikan