Sukses Jadikan Bone Lumbung Pangan Nasional, Kadis TPHP Bone Diusulkan Terima Tanda Kehormatan Dari Presiden RI

  • Bagikan

BONE, BACAPESAN.COM – Kabupaten Bone tercatat sebagai daerah penghasil padi terbesar di Sulsel. Bahkan menjadi lumbung utama padi dan beras di Sulsel.

Capaian ini tak lepas dari tangan dingin H Andi Asman Sulaiman SSos MM memimpin Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone.

Sejak Kadis TPHP Bone tersebut menjabat, berbagai program pertanian terbilang sukses diterapkan di daerah ini. Mulai dari IP400 yang tahun ini ditarget luas lahannya mencapai 10 ribu hektar. Kemudian benih mandiri hingga kampung hortikultura yang terbukti mampu meningkatkan pendapatan petani di Bone.

Atas keberhasilan itu, kakak kandung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman itu, diusulkan menerima penghargaan sayta lencana pembangunan dan satya lencana wira karya dari Kementerian Pertanian RI.

Usulan penghargaan ini sebagaimana surat yang dikirim Sekretariat Negara (Sekretariat Militer Presiden) berisi surat perintah Nomor 33/KSN/SM/04/2023 dimana dalam surat tersebut memberi perintah para pejabat dari Sekretariat Militer Presiden RI untuk melaksanakan tugas verifikasi dan peninjauan lapangan terhadap usulan tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Wira Karya pada Penyelenggaraan PENAS Petani Nelayan XVI 2023.
.
Ada dua pejabat di Sulsel yang diusulkan menerima tanda kehormatan. Selain Andi Asman, juga Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak.

Andi Asman Sulaiman mengaku bersyukur, namanya masuk nominiasi penerima tanda kehormatan Satya Lencana dari Presiden RI atas capaian keberhasilan program pertanian di Bone.

“Ini betul menjadi hal luar biasa bagi kami. Ini juga berkat kerja keras semua pihak, para penyuluh, petani serta seluruh stakeholder mulai tingkat kabupaten sampai dengan desa,” ucapnya.

Ia mengaku, sejak awal memimpin Dinas TPHP, dirinya bertekad mensejahterakan petani.

Mantan Camat Barebbo dan Kadis Ketahanan Pangan Bone itu, memang rutin turun ke lapangan, mengecek progress atau capaian program pertanian di desa-desa.

Buah dari semua itu, tahun ini Kabupaten Bone menjadi penyuplai beras tertinggi dan menjadi lumbung padi utama di Sulsel.

Sesuai data yang ada, produksi beras di Bone sudah mencapai 1.099.706 ton dan ini mengalahkan pencapaian Kabupaten Sidrap.

“Alhamdulillah, menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk mendapatkan Tanda Kehormatan Sektor Pembangunan Pertanian dari Bapak Presiden. Insya Allah, semoga bukan hanya direkomendasikan, tapi betul-betul menjadi penerima. Dan, tentu ini akan membanggakan Kabupaten Bone,” tegas Andi Asman.

Ia juga menegaskan, siap bekerja lebih maksimal lagi, agar pencapaian bisa jauh lebih tinggi.

Apalagi didukung program IP 400 dan penggunaan benih unggul. Andi Asman juga menyebutkan, program IP400 itu sudah jelas membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan petani.

“Sehingga kita tadi sudah berkomitmen menjadikan lahan potensi program IP400 tembus 10.000 Ha,” tutupnya. (*)

  • Bagikan