Sukses Galakan Gerakan Stop Putus Sekolah, Kades Bara Batu Diganjar Penghargaan Peduli Pendidikan

  • Bagikan
Kepala desa Bara batu, Harus menerima enghargaan dari Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL), pada puncak hari pendidikan nasional 2023, di lapangan Alun-alun Citra Mas, Selasa(02/05/2023).

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional(Hardiknas) tahun 2023, lingkup pemkab Pangkep menjadi moment spesial bagi pemerintah desa Bara Batu, kecamatan Labakkang.

Bagaimana tidak, upacara Hardiknas yang dipimpin langsung oleh bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL), di lapangan Alun-alun Citra Mas, Selasa(02/05/2023), Kepala desa Bara batu Haris, diganjar penghargaan penting.

Sukses menekan angka putus sekolah di desa, Haris menjadi satu dari lima Kepala desa yang menerima penghargaan peduli pendidikan dari pemerintah kabupaten Pangkep.

“Alhamdulillah, penghargaan ini saya dedikasikan untuk masyarakat desa Bara batu, Kegiatan ini sudah 3 tahun berjalan sejak awal dirintis dan alhamdulillah sudah banyak warga kita lewat Program stop putus sekolah, bisa mengantongi ijazah yang layak,” ujar Haris.

Program stop putus sekolah ini juga diakui sebagai upaya pemerintah desa, membantu pemerintah kabupaten untuk mengeluarkan Pangkep sebagai daerah termiskin di Sulsel.

Inshaallah selama saya diberi amanah, saya akan berusaha mencerdaskan masyarakat di desa, program ini juga upaya untuk mendukun pemkab mengatasi kemiskinan, karena sama kita tahu bahwa indikator kemiskinan didalamnya adalah tingkat pendidikan masyarakat, dengan bebasnya masyarakat putus sekolah, kita tidak lagi menyumbang angka kemiskinan daerah,” tutup Kades yang belum dua tahun menjabat tersebut.

Hingga saat ini sudah kurang lebih 200 warga desa mendapat pendampingan untuk mendapatkan ijazah baik itu paket B maupun paket C.

Terpisah Kepala dinas pendidikan Pangkep, Sabrun Jamil menjelaskan Hardiknas tahun 2023 tingkat kabupaten Pangkep, mengangkat tema bergerak bersama semarakkan merdeka belajar.

“Harapannya, dengan momen Hari pendidikan nasional tahun ini kita betul-betul bisa menjalankan program Merdeka Belajar. sudah ada 24 episode implementasi kurikulum Merdeka Belajar dan insyaallah Pangkep siap menyukseskan Program Merdeka Belajar dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa pelanjut tongkat estafet pembangunan,”singkat Sabrun.

Di desa Bara batu sendiri terdapat 3 sekolah dasar, memilik jumlah penduduk sebanyak 4896 dengan luas wilayah kurang lebih 10.000 kilometer persegi.

Selain pemerintah desa Bara batu, Hardiknas tahun 2023, sejumlah kepala desa juga diberikan penghargaan atas kepeduliannya terhadap pendidikan, yakni Kepala desa Tompobulu, Kepada desa Pitue, kepala desa Mattiro Matae dan Mattiro Ujung.(*)

  • Bagikan