Pesantren IMMIM Putra Wisuda 114 Santri, 63 Orang Diterima PTN Tanpa Tes

  • Bagikan
Pondok Pesantren Modern Pendidikan Alquran IMMIM Putra menggelar wisuda tahun akademik 2022/2023 di Gedung DPP IMMIM Jalan Sudirman, Makassar, Sabtu 5 Mei 2023. Wisuda ini diikuti sebannyak 114 santri angkatan ke-XLIII.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pondok Pesantren Modern Pendidikan Alquran IMMIM Putra menggelar wisuda tahun akademik 2022/2023 di Gedung DPP IMMIM Jalan Sudirman, Makassar, Sabtu 5 Mei 2023. Wisuda ini diikuti sebannyak 114 santri angkatan ke-XLIII.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan munaqasyah dan wisuda 20 santri tahfidz/ penghafal Qur’an tamat 30 juz, juga dilaksanakan pelantikan pejabat struktural lingkup pesantren IMMIM Putra.

Ketua YASDIC IMMIM, Hj NurFadjri Fadeli Luran, SP., MPd mengaku sangat berbahagia. Ini disebabkan dari 114 santri yang tamat tahun ini, terdata 63 santri (54 % dari jumlah santri) berprestasi bebas test masuk di 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Beberapa kampus beken diantaranya, Universitas Indonesia, Unhas, UIN Alauddin dan berbagai perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Prestasi itu sesuai harapan Founding Father IMMIM, HM Fadeli Luran (alm) puluhan tahun silam yang memang menginginkan santri IMMIM diterima di perguruan tinggi besar dan ternama.

Prosesi wisuda yang dipandu ustadz Muhammadiyah Yunus itu dihadiri Ketua Dewan Pembina DPP IMMIM, AGH Muhammad Ahmad, Ketua YASDIC IMMIM, Hj Nur Fadjri Fadeli Luran, SP., M.Pd, Sekjen DPP IMMIM, Dr HM Ishaq Shamad,M.Ag, Direktur Ponpes IMMIM Putra, Prof Dr H Muhammad Amri,Lc,M.Ag, Direktur Ponpes IMMIM Putri Minasa Te’ne Pangkep, Prof Dr Hj Amrah Kasim, MA.

Turut hadir pula para Pembina/Pengasuh lingkup Pesantren IMMIM serta para orang tua wisudawan dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Sebanyak 63 santri lolos masuk di 14 perguruan tinggi negeri itu lewat dua jalur yakni Jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) sebanyak 23 santri dan jalur SPN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sebanyak 32 santri. Selain itu satu orang santri yang diwisuda hari ini lulus dan diterima melanjutkan kuliah Fakultas Tejurusan Arsitektur UI atas nama Kivlan Al Islami.

‘’Para santri IMMIM berprestasi tersebut terjaring melalui program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan program Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Kementerian Agama RI,’’ tandas Bu Ulfa Sapaan akrab Hj Nur Fadjri Fadeli Luran.

Menurutnya pihaknya optimis prediksi, santri IMMIM yang akan diterima di PTN tahun ini, akan mencapai 70 persen. Pertimbangannya, dalam waktu dekat, banyak alumni Pesantren IMMIM Putra Tahun 2023 akan mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Kemendikbud RI dan SPAN PTKIN Kemenag 2023.

Nur Fadjri menambahkan bahwa untuk jalur mandiri belum ada pengumumannya. InsyaAllah jika ananda para santri telah dinyatakan lulus, diharapkan melaporkan kelulusan di bagian pendidikan untuk didata. Dan tentu akan menambah lagi presentase kelulusan. Semoga presentase kelulusan santri IMMIM yg masuk Perguruan Tinggi semakin meningkat atau ada tambahan dari presentase yg lulus saat ini 53, 3 %.

“Alhamdulillah prediksi kami, alumni yang diwisuda hari ini diterima di Perguruan Tinggi Negeri, minimal 70% dari jumlah santri yg lulus,” ujarnya.

Nurfajri berpesan, agar para ananda alumni teruslah belajar dan identitas kepesantrenan akan terus terbawa dalam setiap langkah. Kami yakin ilmu,keterampilan dan akhlak dapat diandalkan. Jika pernah cicipi ilmu kepesantrenan, kemanapun melangkah, pasti tahu jalan pulang.

Nur Fadjri berpesan, agar ananda para alumni senantiasa menjaga nama baik almamater Pesantren IMMIM, karena di pundak kalian para alumni, kami titip nama baik IMMIM.

Sebelumnya, Direktur Ponpes IMMIM, Prof Dr H Muhammad Amri, Lc,M.Ag melaporkan, dengan bertambahnya 114 santri wisudawan, maka hingga tahun 2023 ini alumni pesantren IMMIM telah mencapai 2.919 orang. Jumlah ini tak termasuk yang tamat di tingkat SMP.

‘’Adapun santri yang tamat, MIPA MA 39 orang, IPS MA 46 orang, MIPA SMA 16, iPS SMA 13. Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran, Ponpes IMMIM pPutra Makassar didukung tenaga edukasi 91 orang, dengan kualifikasi, Professor satu orang, S3 sebanyak 7 orang,S2 sebanyak 27 orang dan S1 mencapai 56 orang,’’ kata Prof Muhammad Amri.

Sekjen DPP IMMIM Dr. H M.Ishaq Samad, usai acara Wisuda menyampaikan apresiasi dan harapan yang besar bagi kepemimpinan pejabat Ponpes Modern IMMIM Putra yang baru saja dilantik.

“Semoga sinergi dan koordinasi dengan DPP IMMIM yang selama ini telah terjalin dengan baik, terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan IMMIM,” harapnya. (*)

  • Bagikan