RSUD Andi Makkasau Parepare Layani Tes Kejiwaan Bacaleg Pemilu 2024

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare menyediakan loket khusus untuk melayani permohonan berkas kesehatan persyaratan bakal calon legislatief (bacaleg).

Salah satunya, tes kejiwaan bagi setiap bacaleg. Loket khusus pun disiapkan untuk memperlancar dan mempermudah proses pemeriksaan kesehatan bagi setiap bacaleg.

Sekedar diketahui, setiap parpol akan mengajukan 25 bacaleg untuk anggota DPRD Parepare. Sementara ada 18 parpol peserta Pemilu 2024, diakumulasikan sebanyak 450 bacaleg yang harus melengkapi persyarakat pencalonan, salah satunya berkas kesehatan.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr.Renny Anggraeny Sari, menjelaskan, jajarannya telah menyiapkan segala sesuatunya dalam memaksimalkan pelayanan tersebut.

“Kami menyiapkan segala sesuatu dalam memaksimalkan pelayanan tersebut. Itu telah kami lakukan sejak minggu lalu,” ujarnya.

Renny menyebutkan, pemeriksaan kesehatan bagi setiap bacaleg itu yang diperiksa adalah kesehatan jasmani dan rohani. Termasuk, pemeriksaan narkoba dan tes kejiwaan.

“Tes kejiwaan itu berupa MMPI atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory. Merupakan tes psikologi yang dilakukan untuk menilai kepribadian dan psikopatologi,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental, sehingga ahli profesional bisa menentukan ada atau tidaknya gangguan mental pada orang yang menjalani tes MMPI.

Renny menambahkan, pihaknya dalam melayani pemeriksaan kesehatan bagi setiap bacaleg disiapkan loket khusus sehingga masyarakat lain pada umumnya juga tetap terlayani. “Agar tidak terjadi penumpukan atau antrean panjang masyarakat yang akan datang berobat,” pungkasnya.
(***)

  • Bagikan