Kanwil Kemenkumham Sulsel Luncurkan Aplikasi VISA, Ini Keunggulannya

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak didampingi jajaran pimpinan tinggi (pimti) pratama resmi meluncurkan aplikasi VISA (Virtual Assistant Service Automatic) pada Apel Pagi Pegawai di Aula Kanwil, Kamis (11/05/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak didampingi jajaran pimpinan tinggi (pimti) pratama resmi meluncurkan aplikasi VISA (Virtual Assistant Service Automatic) pada Apel Pagi Pegawai di Aula Kanwil, Kamis (11/05/2023).

Aplikasi VISA merupakan layanan virtual asisten berbasis WhatsApp untuk kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Dalam aplikasi ini, terdapat tujuh layanan, meliputi BAHUTA (Layanan Bantuan Hukum Terakreditasi) terdapat di 30 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) se-Sulsel dibawah naungan Kemenkumham. Kedua SIPAMMASE (Sistem Pengharmonisasian Secara Elektronik) yang diperuntukan bagi masyarakat atau perangkat daerah yang ingin melakukan pengharmonisasian produk hukum daerah.

Ke tiga LAKU ONLINE (Layanan Konsultasi Hukum Online) yang diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki masalah hukum dan menyelesaikannya secara gratis. Keempat LAKON HAM (Layanan Konsultasi Yankomas). Kelima LAKIDIGI (Layanan Kekayaan Inelektual Digital). Keenam SIKUMON (Layanan Sistem Administrasi AHU Online); dan terakhir JANGAN PANIK! (Jaring Penanganan Pengaduan dan Informasi Elektronik) berisi penanganan pengaduan yang ada di Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih mewakili Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak mengapresiasi peluncuran aplikasi VISA ini sehingga nantinya dapat digunakan oleh masyarakat guna meningkatkan kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Pembuatan aplikasi ini sejalan dengan program pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” Kata Indah.

Lanjut Indah, dalam perjalanan Kanwil menuju WBK/WBBM, Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham RI dijadwalkan akan melaksanakan entry meeting sebagai langkah awal mengevaluasi terhadap 10 satuan kerja yang lolos ke WBBM, termasuk Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Kanwil ini rencana akan dievaluasi pada 17 Mei mendatang. Untuk itu, saya minta seluruh jajaran tim pokok kerja (pokja) agar mempersiapkan area perubahan masing-masing. Seluruh jajaran pokja I – VI agar membuka seluruh data area perubahan,” tambah Indah.

Indah pun berharap, dengan upaya kepedulian pimpinan tinggi kanwil disertai dengan usaha yang harus dikerjakan oleh seluruh pegawai kanwil, Kanwil Kemenkumham Sulsel optimis akan meraih predikat WBBM.

Hadir dalam peluncuran VISA dan Apel Pagi Pegawai, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprapto, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan Seluruh Pegawai Kanwil.(*)

  • Bagikan