Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Loncat Nyaleg ke DPR RI: Tantangan Baru

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo alias RL diusung NasDem untuk maju sebagai bacaleg DPR RI. RL mengatakan, loncatan dua tingkat ini merupakan tantangan baru baginya.

“Ini sebagai suasana dan tantangan baru, yang tadinya kita mewakili hanya beberapa kecamatan, maka kalau DPR RI itu bisa wakili satu Kota Makassar. Jadi sekarang saya wakili lima kecamatan, nanti kalau lolos DPR RI akan wakili 15 kecamatan di Makassar,” kata RL, Jumat (12/5/2023).

RL mengaku patuh pada keputusan partai di manapun ditugaskan. Di sisi lain, RL mengaku sudah memiliki pengalaman besar sebagai legislator di Makassar.

“Kita ini kan di manapun ditempatkan untuk kerja-kerja pengambilan kita selalu siap. Termasuk ketika partai memberikan peluang untuk maju di Pileg RI 2024. Rekam jejak saya yang berpengalaman sebagai anggota di DPRD Makassar, tiga jabatan kan saya sudah pernah lalui, anggota DPRD, wakil ketua, dan saat ini sebagai ketua DPRD di Makassar,” paparnya.

Meski demikian, RL juga tak menampik lawannya nanti tidak bisa disepelekan karena berasal dari berbagai kelompok yang berbeda. Dia menyebut para kandidat di DPR RI memiliki strategi tertentu untuk memenangkan kontestasi.

“Kita ini kan sudah terbiasa berada di medan kompetisi, baik waktu mahasiswa maupun dua periode di DPRD Makassar. Di Pileg ini nantinya punya tantangan tersendiri karena yang lawan kompetisi itu banyak orang, baik internal partai, maupun kompetisi dengan partai lain,” katanya.

Dia pun enggan berspekulasi lebih terkait basis pemilih yang akan mendukungnya. Hanya saja, kiprahnya sebagai legislator dua periode di Makassar disebut sebagai modal untuk meminang dukungan dari masyarakat.

“Yah kita ini kan ketua DPRD Kota Makassar, kita kan sudah kerja satu kota, kalau ditanya soal basis dan sebagainya tentu selaku yang berpengalaman berkompetisi punya cara tersendirilah, politik ini kan seni untuk meyakinkan, rakyat akan memilih figur yang punya rekam jejak, itulah yang akan kami tawarkan,” jelasnya.

RL sendiri nantinya akan maju ke DPR RI mewakili Dapil I Sulsel yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar. Dia mengaku mendapat nomor urut 2.

“Saya sudah didaftar sebagai Bacaleg DPR RI, diberi nomor urut dua tentu kita harus jawab dengan meraih suara sebanyak-banyaknya untuk kepentingan partai di 2024,” tandasnya.

Sebelumnya, DPW Partai NasDem Sulsel resmi mendaftarkan 85 bacaleg DPRD Sulsel ke KPU. Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS) menyebut nama Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo juga diusung, namun sebagai bacaleg DPR RI.

“Jelas, Pak Ketua DPRD Kota Makassar (Rudianto Lallo) loncat dua kali dia jadi DPR RI,” kata Rusdi Masse kepada wartawan di KPU Sulsel, Makassar, Kamis (11/5). (*)

  • Bagikan