Melatih Psikomotorik Anak Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Sekolah Alam Bosowa tingkat Sekolah Dasar (SD) melatih psikomotorik anak melalui permainan tradisional ‘Gobak Sodor’.

Gobak Sodor adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang melibatkan kecepatan, ketangkasan, dan strategi dalam menyerang dan bertahan.

Kepala Sekolah, Hairul menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan motorik kasar anak dengan melibatkan gerakan aktif, seperti berlari, melompat, dan menghindar.

“Permainan ini dapat membantu anak mengembangkan kekuatan, keseimbangan, koordinasi, dan kecepatan gerakan mereka” jelas Hairul.

Selain itu, Gobak Sodor juga dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk bekerjasama, berpikir strategis, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Sehingga kedepannya mereka dapat lebih berani dalam mengambil keputusan.

Sekolah Alam Bosowa sendiri memiliki kurikulum metode sentra, di mana salah satunya adalah bermain ‘sensor motor’. Oleh karena itu, Sekolah Alam Bosowa rutin mengadakan kegiatan psikomotor sebagai metode belajar.

Kegiatan psikomotor ini terbagi menjadi dua jenis yaitu, kegiatan psikomotor kering dan basah. Psikomotor kering rutin dilakukan setiap hari Rabu, sedangkan untuk psikomotor basah diadakan tiap sebulan sekali. (*)

  • Bagikan