Pembangunan ZI menuju WBBM Kemenkumham Babel di Evaluasi Tim Penilai Internal

  • Bagikan

PANGKALPINANG, BACAPESAN.COM – Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI lakukan evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Jumat (19/5/2023).

Pengendali Teknis Tim Penilai Internal (TPI), M. Fahrullah, mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Babel merupakan salah satu dari 10 Kantor Wilayah yang diusulkan menuju predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

M. Fahrullah menyampaikan, Tim Penilai Internal memiliki peran dalam pembangunan ZI, yaitu tempat konsultasi bagi unit kerja/satuan kerja dan fasilitator dalam pemberian asistensi dan pembangunan ZI. “TPI juga berperan dalam melakukan evaluasi pembangunan ZI dan melakukan pemantauan bagi unit kerja yang telah berpredikat WBK/WBBM,” ujar Fahrullah.
Tim Penilai Internal juga menyampaikan teknis penilaian satuan kerja menuju WBBM Tahun 2023.

Pada kegiatan ini, dilakukan penyampaian paparan mengenai progres pembangunan Zona Integritas di Kanwil Kemenkumham Babel selama 1 tahun, yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah, Harun Sulianto.

Adapun yang dijelaskan oleh Kakanwil Harun, yaitu mengenai capaian dan prestasi, reform dalam 6 area perubahan, inovasi, serta kolaborasi dengan instansi lain.

Pada kesempatan ini juga dipertunjukan yel-yel Kanwil Kemenkumham Babel dan penayangan video profil pembangunan Zona Integritas. Lalu pelaksanaan tanya jawab dan pemberian saran serta masukan dari Tim Penilai Internal (TPI) kepada tim Pokja.

Tim Penilai Internal (TPI) mengapresiasi pemaparan yang disampaikan Kakanwil Harun, karena sudah menggambarkan core values di Kanwil Kemenkumham Babel.
Jika kanwil Kemenkumham Babel berhasil di penilaian Tim Penilai Internal ,maka akan diusulkan ke tim Penilai Nasional (TPN) kementerian PAN RB , untuk kontestasi menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (WBBM) .

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sahata Marlen Situngkir, Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini, para Koordinator Tim Pokja beserta anggota.

Lalu hadir juga Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal, yaitu Ketua Tim, Berliani Azizah, dan Anggota Tim, Anasti Dwi Martantya Kinasih. (*)

  • Bagikan