Tingkatkan Pemahaman Hukum, Bawaslu Torut Gelar Bimtek Bagi Panwascam

  • Bagikan

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar bimbingan teknis (bimtek) hukum pengawasan dan pencegahan pengawas Pemilu (Pemilihan Umum) adhoc, yang dihadiri panitia pengawas kecamatan (panwascam) se- Torut, Sabtu, 20 Mei 2023 di Toraja Heritage Hotel.

Dalam kegiatan tersebut sebagai komisioner KPU Sulsel devisi hukum dan diklat, Andarias Duma’, mantan komisioner Bawaslu Sulsel, Amrayadi dan juga Bawaslu Torut.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Andarias Duma’ dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa karena tahapan terus berjalan maka kita harus maksimal walaupun belum ada aturan pemilu yang diterbutkan.

“Terkait netralitas ASN, TNI, Polri agar terus dimaksimalkan pengawasan karena banyak issu-issu di media sosial terkait netralitas ASN, yang saat ini lagi menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial,” pinta Andarias.

Pihaknya berpesan kepada jajaran Bawaslu agar selalu menjalin komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab, dan kalau ada kebutuhan atau instruksi atau permintaan dokumen dari kabupaten agar dipenuhi demi mempelanjar pengawasan.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Torut devisi, Gabriel Rumbayan mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman hukum bagi pengawas pemilu ad hoc dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pencegahan.

” Dengan adanya bimtek ini diharapkan pengawas pemilu sebagai ad hoc dapat memahami aturan-aturan yang berlaku dalam pengawasan serta meningkatkan aktifitas pencegahan di wilayah pengawasan masing-masing panwascam ” pungkas Gabriel. (*)

  • Bagikan