Dosen Biologi Unhas Gelar Pembuatan VCO dan Sabun VCO Fortifikasi Buah Naga di Mallawa

  • Bagikan

MAROS, BACAPESAN.COM – Sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen dan mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Unhas telah melaksanakan kegiatan PkM pada hari Sabtu, 20 April 2023 di Kelurahan Sabila Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros.

Kegiatan ini bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan VCO Fermentasi dan Sabun VCO dengan Fortifikasi Ekstrak Buah Naga”. Dihadiri sekitar 50 orang masyarakat Kelurahan Sabila diantaranya ibu rumah tangga, remaja putri putra, ketua RT dan dibuka oleh Lurah Sabila H. Andi Saifullah, S.Sos.

Selain memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pembuatan VCO secara fermentasi dan sabun VCO terfortifikasi ekstrak buah naga juga diajarkan bagaimana teknik pengolahan dan pengemasan secara hiegenis serta teknik pemasaran produk melalui media sosial.

PKM ini diharapkan dapat meningkatkan minat wirausaha masyarakat dengan memantaatkan potensi lokal (kelapa dan buah naga) yang banyak ditemukan tumbuh di daerah ini menjadi VCO dan sabun VCO sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas-Program Kemitraan Masyarakat (PPMU-PkM) Pelaksanaan tahun 2023 yang dikoordinir oleh LP2M Unhas. Kegiatan diketuai oleh Dr. Nur Haedar, S.Si, M.Si, dengan anggota tim Dr. Zaraswati Dwiyana, M.Si, Dr. Eva Johannes, M.Si, Drs. M. Ruslan Umar, M.Sidan Dr. Nur Umriani Permatasari Umar, M.Si serta dua orang mahasiswa yakni Faisal dan Husnul Khotimah.

Kemudian dihadiri oleh beberapa dosen Departemen Biologi Unhas, tendik dan beberapa mahasiswa S1 dan S2 Biologi Fmipa Unhas. (*)

  • Bagikan