Gelar Rakor Pasca Supervisi, Priska Evaluasi 10 Program PKK 18 Kecamatan

  • Bagikan
TP PKK Kabupaten Gowa di 18 kecamatan, kembali dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten, Selasa (23/5).

GOWA, BACAPESAN.COM -Pasca berakhirnya kunjungan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP PKK Kabupaten Gowa di 18 kecamatan, kembali dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten, Selasa (23/5).

Rakor ini menghadirkan 18 Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gowa guna mempresentasikan program kegiatan mulai dari Pokja I hingga Pokja IV.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menuturkan, Rakor ini dilakukan guna mengevaluasi kembali seluruh 10 Program Pokok PKK yang telah dilaksanakan, yang mana juga membahas terkait inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan, hambatan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan dari Pokja I sampai dengan Pokja IV.

“Disini juga saya bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa memberikan masukan terhadap program-program yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gowa. Sehingga, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program-program yang telah disosialisasikan dan telah diprogramkan melalui rapat koordinasi tingkat nasional,” kata istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Priska berharap, dengan kegiatan ini maka kegiatan TP PKK di tingkat kecamatan mampu menyesuaikan diri dengan sasaran program yaitu dimulai dari Pokja I hingga Pokja IV dan setiap Kecamatan memiliki inovasi-inovasi yang berbeda terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mulai dari Pokja I sampai dengan Pokja IV.

Sementara itu, Sekretaris PKK Kecamatan Somba Opu, Megawati menjelaskan, pihaknya memaparkan program-program yang telah dilaksanakan di kecamatan Somba Opu bersama dengan 14 Kelurahan, yaitu khususnya 10 Program Pokok PKK yang terbagi dari kegiatan kesekretariatan kemudian Pokja I sampai Pokja IV.

“Kemudian juga kami menjelaskan program-program unggulan dari Kecamatan Somba Opu khususnya dan juga program unggulan terkhusus kepada 14 Kelurahan se-Kecamatan Somba Opu,” ujarnya.

Kedepan, Mega menambahkan Program keegiatannya untuk Pokja I akan berfokus pada Parenting Era Digital (Paredi).

Kemudian untuk Pokja II, akan berfokus pada pembinaan UP2K khususnya pada pengelolaan administrasinya.

“Masukan ibu Bupati tadi adalah bagaimana kita melakukan pembinaan UP2K khususnya pengelolaan administrasinya supaya kita bisa melihat sehat tidaknya perkembangan UP2K di masing-masing wilayah,” tambahnya.

Kemudian untuk Pokja III, PKK Kecamatan Somba Opu berfokus pada pemanfaatan lahan pekarangan dengan sistem diversifikasi pangan, sebagai upaya penganekaragaman pangan yang bermanfaat untuk bisa mencegah stunting.

Sementara pada Pokja IV TP PKK Kecamatan Somba Opu lebih fokus pada melatih para Kader untuk paham tata cara pengisian buku administrasi Posyandu.

Megawati berharap, kedepan TP PKK Kabupaten Gowa bisa bisa mengadakan pelatihan-pelatihan administrasi terkait dengan petunjuk teknis hasil Rakernas Ke-9 t
Tahun 2021, mengingat pada Rakernas itu sudah banyak sekali perubahan-perubahan khususnya untuk format-format dari masing-masing Pokja.

“Harapan kami dari Kecamatan Somba Opu, senantiasa memohon bimbingan dengan arahan dari ibu-ibu pengurus PKK Kabupaten supaya pelaksanaan kegiatan 10 Program p
Pokok PKK di semua kecamatan itu bisa lebih baik, khususnya kami juga berharap diadakannya pelatihan-pelatihan administrasi terkait dengan petunjuk teknis hasil Rakernas Ke-9 Tahun 2021 karena disitu sudah banyak sekali perubahan-perubahan khususnya untuk format-format dari masing-masing Pokja ini yang menjadi temuan-temuan juga pada saat supervisi kemarin,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan