Hasamitra Cabang Gowa Siapkan Rp50 M Dana Pengembangan UMKM, Ini Dua Skema Pinjaman

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Bank Perekonomian Rakyat, Hasamitra Cabang Gowa menyiapkan Rp50 Miliar dana pengembangan UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Komisaris Utama Hasamitra, Yongris Lao dalam sambutannya pada pembukaan kantor baru cabang Gowa, Rabu (24/05/2023).

Menurut Yongris, pihaknya tengah menyiapkan dana untuk UMKM.

“Saat ini akses kami terhadap UMKM di Gowa masih terbatas sekali, bagaimana selanjutnya bisa mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Direktur Utama Hasamitra, I Nyoman Supartha mengatakan 50 Milyar untuk pengembangan UMKM ini dapat diakses melalui dua skema yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bekerjasama dengan kelompok.

“Kredit usaha rakyat ini sedang kami urus izinnya di OJK. Sedang kerjasama dengan kelompok dapat dilakukan dengan sinergi antar Kepa Dinas Koperasi dan UMKM. Poinnya mensejahterakan rakyat,” Ucapnya.

I Nyoman mengatakan, saat ini outstanding perkreditan berada diangka 208 per 9 dari total aset 310. “Jadi memang lebih banyak dana yang di lepas dibandingkan dana yang di himpun yang hanya Rp140 Miliar artinya kantor pusat yang mensubsidi dananya. Targetnya ke depan bagaimana sumber dana pihak ke tiga bisa ditingkatkan lagi,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengimbau agar Hasamitra menyalurkan dana pengembangan UMKM ke sektor unggulan Gowa.

“Gowa juga memiliki sektor unggulan yang bisa memajukan masyarakat. Sektor ini juga yang membawa Kabupaten Gowa 2 tahun terakhir selalu menjadi ringking 2 pertumbuhan ekonomi. Di covid tahun lalu, Gowa terap mengalami pertumbuhan ekonomi meski hanya tumbuh 10 persen.,” ucapnya.

“Sektor ini antara lain pertanian, perdagangan dan konstruksi yang termasuk UMKM andalan Gowa Ini peluang yang bagus, mari kita hadirkan program yang g lebih kongkrit,” tambah Adnan. (*)

  • Bagikan