Manajemen Retail Kalla Institute dan Bapelitbangda Pangkep Komitmen Dampingi UMKM Agar Berdaya Saing

  • Bagikan
Bapelitbangda Kabupaten Pangkep dan Program Studi Manajemen Retail Kalla Institute melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

PANGKEP, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Bapelitbangda Kabupaten Pangkep dan Program Studi Manajemen Retail Kalla Institute melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

MoU ini sebagai langkah awal dalam komitmen kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi mereka.

Beberapa poin yang diangkat dalam kegiatan ini antara lain Akselerasi UMKM, khususnya dalam hal digitalisasi untuk memperluas pasar dan Fokus pada kegiatan yang menonjolkan dan memberdayakan pelaku UMKM yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara berkelanjutan. Selain itu Pentingnya penandatanganan MoU dengan skala yang lebih tinggi, melibatkan institusi dan pemerintah daerah, yang perlu dijadwalkan segera setelah kegiatan.

Kepala Bagian Bapelitbangda Kabupaten Pangkep, Iman Takbir berharap kegiatan inimenjadi langkah awal komitmen bersama dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui transfer pengetahuan.

“Program yang diajukan harus selaras dengan kondisi di lapangan. Kabupaten Pangkep termasuk daerah strategis karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Makassar, sehingga Pangkep menjadi daerah pengembangan Kota Makassar,” tutur Iman

Anhar Januar Malik, Ketua Program Studi, menyatakan bahwa kegiatan ini akan melahirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama UMKM, untuk mendorong kemandirian ekonomi dan persaingan UMKM di Kabupaten Pangkep.

Rahmat Syarif menambahkan bahwa program yang ditawarkan oleh Kalla Institute akan fokus pada pembenahan dalam tiga area, yaitu mindset, skillset, dan toolset, untuk mendorong UMKM naik ke level berikutnya dengan pendekatan digitalisasi usaha. (*)

  • Bagikan