Prof Naro Ingin Jadikan UIN Alauddin Kampus Beriman dan Humanis

  • Bagikan
Calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr Wahyuddin Naro, M.Hum bersama Direktur Rakyat Sulsel Daswar M Rewo

MAKASSAR, BACAPESAN.COM –Calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr Wahyuddin Naro, M.Hum telah menyampaikan Visi Kepemimpinan dalam Agenda Pemaparan Visi Misi dan Penilaian Kualitatif Calon Rektor UIN Alauddin Makassar Periode 2023-2027.

Pemaparan Visi tersebut, disampaikan secara langsung dihadapan seluruh Anggota Senat Universitas di kampus UINAM Samata, Jumat (26/5/2023).

Dalam sesi presentasi, Prof Naro menyampaikan bahwa Visi Kepemimpinannya adalah “Akselerasi Kampus Ber-Iman dan Humanis menuju Rekognisi Unggul”.

Bagi Prof Wahyuddin, kata IMAN dan HUMANIS sejatinya adalah relasi dialogis antara aspek vertikal (keimanan) dan aspek horizontal (kemanusian). PTKIN dalam hal ini terus mengupayakan agenda-agenda Kementerian Agama dan upaya Integrasi Keilmuan dalam perguruan tinggi.

Pemaparan Visi dan Misi Wakil Rektor 2 UIN Alauddin Makassar ini, dilaksanakan dihadapan sekitar 80 anggota senat universitas, Wakil Ketua NU ini tampil percaya diri dan meyakinkan.

Menurut dia kata Iman dan Humanis sesungguhnya merupakan singkatan dari beberapa kata. IMAN merupakan singkatan dari Interconnection, Moderate, Adaptive, dan Normative. Sekaligus merupakan Landasan nilai yang dipegangi dalam menjalankan kepemimpinan di UIN Alauddin Makassar.

Menurut dia Interconnection merupakan upaya untuk memastikan keterhubungan antara program-program kepimpinan sebelumnya.

Selain itu, kata Moderate merupakan langkah untuk memastikan pengarusutamaan Moderasi Beragama bagi setiap Sivitas Akademika” kata beliau.

Dihadapan Senat, Prof Naro, menyampaikan bahwa “tiap sivitas harus bermental Adaptive agar terus berorientasi pada perubahan dan kemajuan.

Namun, tanpa melepaskan diri Landasan Normative baik dari Ajaran Agama, Pancasila, dan UUD 1945, serta Kearifan Lokal Sulawesi Selatan” katanya.

Selanjutnya, menurut Prof Naro, kata HUMANIS merupakan singkatan dari Hybrid, Unify, Multidicipline, Altruism, Nature, International Reputation dan Synergy. Beliau melanjutkan bahwa “Humanis sekaligus sebagai core kegiatan yang akan diturunkan sebagai Program Kerja pada Kampus Peradaban, UIN Alauddin Makassar”.

Sebagai Pondasi dari Agenda Kegiatan ketika nantinya mendapatkan amanah menjadi Rektor, masing-masing singkatan dari Humanis memiliki makna yang mendalam dan terarah.

Menurut Prof Naro, kata Hybrid adah upaya memastikan seluruh proses akademik harus berbasis digital. Dengan tetap mendorong agend Unify lembaga yaitu memastikan data yang terintegrasi dalam pengelolaan perguruan tinggi.

Dari segi keilmuan tersendiri, Prof Naro mengharapkan kolaborasi keilmuan melalui agenda Multidicipline dengan terus mendorong agenda integrasi keilmuan pada setiap pelaksanaan aktivitas Tri-dharma.

Selain itu akan mensupport arah universitas menuju International Reputation dalam Bidang Akademik, publikasi dan peningkatan kualitas jurnal bereputasi.

Prof Naro juga tak lupa menyampaikan Agenda Altruism yang menurutnya merupakan langkah dalam memastikan kesejahteraan yang meningkat bagi setiap unsur dalam PT dengan berdasar pada tata kelola keuangan.

Prof Naro meyakini bahwa hal ini merupakan keberlanjutan dari program peningkatan kesejahteraan pada ranah Warek 2, Bidang Adm Umum dan Perencanaan Keuangan.

Tak lupa Prof Wahyuddin Naro, akan terus memastikan ke-Asri-an Lingkungan UINAM melalui Agenda Nature dalam singkatan HUMANIS.

Di akhir pemaparan Visi, Wakil Rektor yang pernah menjabat Kepala Biro ini menjelaskan tentang perlunya Synergy dengan memastikan seluruh sivitas dapat saling mendukung dalam setiap pencapaian visi misi PT,” ungkap pria yang dikenal sederhana ini. (*)

  • Bagikan