Peringati Hari Lahir Pancasila, Daeng Manye: Mari Jaga Persatuan

  • Bagikan

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Bakal Calon (Balon) Bupati Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila. Ia mengatakan tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahirnya lambang dasar negara yaitu Pancasila.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Takalar agar dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegera,” kata Mohammad Firdaus Daeng Manye, Kamis (1/6/2023).

Tokoh pemerhati Takalar ini
menilai bahwa Pancasila tidak hanya sekadar lambang negara semata tetapi dapat dijadikan pedoman berkehidupan bernegera.

“Pancasila adalah kunci untuk menata peradaban dunia dengan menjadikan individu-individu, kelompok, golongan agar menemukan jati diri Bangsa dengan semangat persatuan dan gotong royong guna memberikan kemanfaatan bagi Indonesia Raya,” pungkasnya.

Mohammad Firdaus Daeng Manye juga mengatakan momentum Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan hanya untuk dikenang. Tetapi juga menjaga Pancasila dengan menghadirkan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Mari jaga toleransi, integrasi, dan sinergisme di tengah kemajemukan yang ada. Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat. Gotong royong untuk menjaga sesama dan saling tolong-menolong adalah nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila tersebut,” terangnya.

Diketahui, istilah Pancasila pertama kali diperkenalkan Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Hal inilah yang menjadi cikal bakal Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni.

Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam sidang tersebut, terdapat tiga tokoh yang memberikan usulan isi Pancasila, yaitu Moh. Yamin, Soepomo, dan Soekarno sendiri.

Pada akhirnya, saran dari Moh. Yamin lah yang dipilih sebagai isi Pancasila dengan beberapa perubahan. Pada 18 Agustus 1945, Pancasila resmi ditetapkan sebagai dasar negara lewat sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). (*)

Penulis: Ady
  • Bagikan