PT Alam Sutera Realty dan PT Garuda Adhimatra Indonesia Ajak 400 Anak SD Nobar Petualangan Garuda Cilik

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- PT Alam Sutera Realty Tbk bersama dengan anak perusahaan, PT Garuda Adhimatra Indonesia secara berkelanjutan menyelenggarakan program CSR.

Kali ini keduanya mengundang siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 03 Kutuh. Giat ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat Indonesia khususnya dimulai dari usia dini, anak-anak Sekolah Dasar.

Selain membiasakan budaya literasi sejak dini, GWK mengajak siswa siswi mencintai seni budaya Indonesia melalui tarian dan musik daerah. Dimulai dari pemutaran film animasi “Petualangan Garuda Cilik”di Sineloka, pembagian buku cerita bergambar, edukasi mengenai l rebana dan angklung oleh Tim Atraksi GWK, serta pengenalan akan beberapa kesenian tari budaya Bali, seperti Tari Kebyar Duduk, Tari Sekar Jepun, dan Tari Topeng Monyet.

Program budaya literasi ini dihadiri pula oleh Rossie Andriani selaku Corporate Communication Division Head Alam Sutera Group dan diikuti oleh sekitar 200 siswa siswi beserta guru pendamping yang terlihat sangat antusias.

Rossie Andriani mengatakan, Literasi dalam kebudayaan Bali yang indah dan kaya akan nilai luhur yang baik, diharapkan mampu menjadi pedoman pemikiran dan perilaku anak dalam masa pertumbuhan, dimana hal ini juga selaras dengan program pemerintah terkait literasi anak Sekolah Dasar.

“Tidak hanya berfokus pada budaya literasi, program ini juga mengedukasi kesenian musik dan tarian lokal Bali. Selain menonton Film Petualang Garuda Cilik, siswa/i diajak menyaksikan tarian Bali, belajar tari serta bermain alat musik angklung dan rebana untuk menambah wawasan musik daerah.” ujar Rossie

Film animasi “Petualangan Garuda Cilik” yang diputar bagi murid-murid sekolah dasar ini berkisah tentang petualangan Garuda yang melakukan pencarian Tirta Amerta, air keabadian yang untuk membebaskan Ibunya dari perbudakan para naga. Film ini mengedepankan nilai keberanian dan kesetiaan Garuda yang mengabdi kepada Dewa Wisnu untuk membalas budi karena Dewa Wisnu telah memberikan kepadanya air keabadian tersebut.

Dikemas secara sederhana namun tetap menarik, film animasi ini merupakan hasil karya anak bangsa dan telah berhasil meraih penghargaan Piala Citra tahun 2015 sebagai ‘Film Pendek Animasi Terbaik’. Anak-anak cukup antusias dan sangat partisipatif dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada, hal itu dikarenakan mereka dapat berkeliling Plaza Wisnu sekaligus diedukasi berbagai hal terkait kebudayaan Bali bahkan dapat langsung mempraktekan indahnya kebudayaan tersebut.

Program CSR dalam rangka meningkatkan budaya literasi ini akan terus berkelanjutan selama tahun 2023 bagi anak-anak usia Sekolah Dasar di seluruh Bali. Program ini telah dua kali dilakukan dengan sejumlah kurang lebih 400 anak-anak Sekolah Dasar telah turut berpartisipasi.

GWK Cultural Park sendiri selalu berupaya melestarikan kebudayaan lokal dengan menyuguhkan berbagai kesenian dan budaya Bali dengan mengajak anak- anak usia sekolah dasar untuk dapat menikmati pemutaran film di Sineloka, pementasan atraksi seni tari dan musik di Amphitheater setiap hari pukul 11.00 sampai 15.00 WITA dan pukul 17.00 WITA (setiap jam ada pementasan), pementasan di Plaza Wisnu pukul 16.00 WITA, dan di Lotus Pond pukul 18.00 WITA. (*)

Penulis: Hikmah
  • Bagikan