Puluhan Tahun Penerangan Listrik Tak Maksimal, Ini Upaya Lurah dan Warga

  • Bagikan
Lurah Sarira, Thomas Kala' Padang bersama warga Tongkonan Basse gotong royong tebang pohon untuk akses jaringan PLN.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Puluhan tahun warga lingkungan Tongkonan Basse kelurahan Sarira kecamatan Makale Utara, kabupaten Tana Toraja (Tator) tidak menikmati listrik secara maksimal. Akibat kurangnya daya sehingga listrik hanya bisa menyala sampai pukul 21.00 atau jam 9 malam.

Namun Perusahaan Listrik Negara (PLN) ranting Makale, Tator mengambulkan proposal penambahan daya yang diusulkan warga bersama lurah Sarira, Thomas Kala’ Padang pada bulan Desember 2022 lalu. Untuk itu puluhan warga Rorre Tongkonan Base bersama lurah Sarira bergotong royong menebang pohon di jalan poros Rorre-Pa’gasingan.

Menurut kepala Lingkungan Rorre Tongkonan Basse, Marten Pala’langan kepada media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa warga Rorro Tongkonan Basse telah puluhan tahun tidak bisa menikmati listrik secara maksimal karena daya listrik yang tidak mampu sehingga lampu hanya bisa dinikmati warga sampai jam 9 malam dan jam 10 malam lampu sudah padam.

“Kami bersyukur bahwa bersama lurah Sarira didampingi menghadap PLN membawah proposal kami pada Desember lalu, sehingga usulan kami akhirnya disetujui untuk penambahan daya untuk itu kami bersyukur ” pungkas Marten, Sabtu, 3 Juni 2023.

Senanda dengan itu, lurah Sarira, Thomas Kala’ Padang disela-sela kegiatan mengatakan bersyukur dan berterima kasih kepada PLN yang akhirnya menyetujui proposal usulan penambahan daya yang diusulan Desember tahun lalu.

Dikatakan bahwa untuk jalur akses jaringan PLN di Rorre Tongkonan Basse tersebut puluhan warga turun langsung membantu menebang pohon yang telah ditandai PLN untuk jalur agar mempermuda PLN dalam memasang alat nantinya.

“Tidak ada warga yang menolak pohon mereka ditebang, justru mereka senang karena akhirnya mereka akan menikmati listrik dengan baik” kata Thomas.

Ditambahkan bahwa Lingkungan Rorre Tongkonan Basse terdiri dari 4 RT, dan terdiri dari ratusan KK. (*)

  • Bagikan