Erick Thohir Jadi Rebutan

  • Bagikan
Erick Thohir dan Prabowo bertemu-Humas Menhan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Sosok Menteri BUMN Erick Thohir semakin diperhitungkan di Pilpres 2024 untuk diusung menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut, jika Prabowo Subianto mulai melirik Erick Thohir.

Prabowo disebut semakin melirik Erick untuk dipinang sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

“Di antara nama yang menguat, menurut saya adalah Erick Thohir. Karena Erick Thohir ini satu loyalis Pak Presiden Jokowi,” kata Burhanuddin, Senin 5 Juni 2023.

Burhanuddin menuturkan bahwa tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja cemerlang Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN.

Ia mengatakan Erick Thohir mampu menjadi menteri yang sangat diandalkan oleh Jokowi.

Erick Thohir semakin menjadi cawapres pilihan bagi Prabowo untuk maju bersama di Pilpres mendatang.

Ia menilai kehadiran Erick Thohir semakin mendekatkan Prabowo dengan restu dari Jokowi.

“Pak Prabowo sedang mendekat untuk mendapat blessing (restu) Pak Presiden Jokowi,” ucap Burhanuddin.

Bukannya tanpa alasan, dia memaparkan potensi keterusungan Prabowo–Erick Thohir tentu semakin kuat.

Hal itu, bagi Burhanuddin, terlihat dari hubungan yang terjalin sangat positif di antara keduanya sampai sekarang.

“Ada banyak sinyalemen yang menunjukkan kedekatan dan chemistry antara Prabowo dan Erick Thohir,” kata Burhanuddin.

PAN Bahas Erick Thohir

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, nama Ketua PSSI Erick Thohir masuk menjadi menu wajib untuk dibahas dalam pertemuan bersama partai politik (parpol) lain, begitu pula saat pertemuan dengan DPP Partai Gerindra, Jakarta, Senin 5 Juni 2023.

“Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah, itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra),” kata Eddy usai pertemuan dengan DPP Partai Gerindra dilangsungkan di Kantor DPP PAN, Jakarta.

Hal tersebut, kata dia, lantaran PAN memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir.

“Pak Erick Thohir sering beragenda dengan PAN, berkegiatan dengan PAN, hadir acara-acara besar PAN,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, Erick Thohir juga kerap mengenakan pakaian bernuansa warna biru yang menurutnya senada dengan warna utama partai-nya beberapa waktu belakangan.

“Tadi saya sampaikan kok akhir-akhir ini Pak Erick Thohir itu sering menggunakan nuansa pakaian warna biru. Saya yakin hatinya juga sudah biru,” katanya.

Tak hanya dengan PAN, Eddy menyebut bahwa sosok Erick Thohir juga memiliki hubungan “persaudaraan” dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan lantaran keduanya berasal dari daerah yang sama yakni Lampung.

“Jadi bicaranya antara Pak Erick Thohir dengan Pak Zul itu sudah bicaranya dalam bahasa batin di antara mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut, Eddy menilai elektabilitas Erick Thohir juga melesat dalam sejumlah hasil survei sebagai sosok bakal cawapres.

“Alhamdulillah memang Pak Erick Thohir di dalam beberapa kesempatan terutama survei akhir-akhir ini menunjukkan momentum yang baik,” katanya.

Untuk itu, Eddy menyebut tak ayal PAN mendorong Erick Thohir untuk maju sebagai bakal cawapres lantaran didasarkan sejumlah indikator kedekatan dengan partai-nya tersebut.

“Tentu sudah merupakan hal yang natural kita kemudian mendorong Pak Erick Thohir untuk bisa kita perjuangkan sebagai salah seorang cawapres di antara bakal capres yang ada,” imbuh dia.

Ketua Umum PAN Yandri Susanto juga tak menampik partai-nya menawarkan nama Erick Thohir saat melangsungkan pembicaraan dengan partai politik lain.

“Seperti yang sudah sering kali sampaikan pembicaraan ini belum ada kata akhir, baik dengan PDIP maupun Gerindra, termasuk dengan Golkar, dan paket yang kami tawarkan ke PDIP kami tawarkan Erick Thohir, ke Gerindra juga kami tawarkan Erick Thohir,” tuturnya. (fin/*)

  • Bagikan

Exit mobile version