Ini Cara Pakai Retinol yang Tepat Agar Wajah Lebih Glowing, Pemula Wajib Tahu

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Memperkenalkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit Bunda menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, Bunda perlu tahu terlebih dahulu cara pakai retinol yang tepat supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Retinol adalah bentuk vitamin A dengan banyak kegunaan dalam perawatan kulit. Ini digunakan untuk mengobati jerawat dan memiliki efek anti-inflamasi penuaan dini, Bunda.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, retinol merupakan perawatan topikal yang berarti Bunda menerapkannya di atas kulit. Retinol hadir dalam berbagai bentuk, di antaranya:

Cara pakai retinol yang tepat untuk kulit
Sebelum Bunda menggunakan produk retinol untuk pertama kali, cobalah sedikit pada area kecil di kulit alias lakukan tes tempel untuk melihat apakah Bunda memiliki reaksi negatif atau tidak.

Jika setelah beberapa hari bercak kulit tidak terlalu merah atau gatal, Bunda bisa menambahkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit sebelum tidur. Berikut adalah langkah umum yang bisa Bunda lakukan untuk menggunakan retinol.

  1. Oleskan retinol pada malam hari
    Sinar matahari membuat vitamin A dalam retinol kurang efektif, jadi mengoleskannya sebelum tidur dapat membantu Bunda mendapatkan efek penuh dari krim ini. Maka dari itu, Bunda tidak perlu mencuci retinol setelah menggunakannya, biarkan itu meresap ke dalam kulit selama Bunda tidur.
  2. Bersihkan wajah
    Cuci muka dan tunggu 30 menit hingga kulit kering. Gunakan sabun wajah yang lembut dan air hangat untuk menghilangkan kotoran dan minyak agar wajah bersih. Tepuk-tepuk wajah hingga kering dengan handuk dan biarkan kulit benar-benar kering.
  3. Oleskan retinol sebesar kacang polong
    Setelah membersihkan wajah, oleskan retinol seukuran kacang polong ke kulit. Peras retinol ke ujung jari dan oleskan dengan lembut di dahi, pipi, hidung, dan dagu. Jauhkan retinol dari sudut mata dan sudut mulut karena dapat menumpuk dan menyebabkan lebih banyak iritasi di sana.
  4. Lanjutkan dengan pelembap
    Setelah 20 menit, lanjutkan dengan menggunakan pelembap. Ambil pelembap seukuran ujung jari dan gosokkan ke kulit. Vitamin A membuat kulit terasa kering, pelembap akan membantunya tetap terlindungi dan terhidrasi.
  5. Gunakan retinol setiap 2 atau 3 hari saat pertama kali menggunakannya
    Saat retinol menyerap ke dalam kulit, ini membantu meningkatkan pertumbuhan kolagen dan pergantian sel, sehingga dapat menyebabkan sedikit pengelupasan. Beri waktu selama beberapa hari untuk melihat bagaimana kulit bereaksi terhadap retinol, dan tunggu sampai Bunda tidak mengalami iritasi sebelum menggunakannya lagi.

Itulah cara pakai retinol yang tepat. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit Bunda cocok dengan jenis produk tersebut, ya.

Disarankan untuk mulai pakai retinol di awal usia 20-an agar fungsi memperlambat penuaan lebih maksimal. Lebih lengkapnya, ini manfaat retinol untuk kulit.

Bunda bisa gunakan retinol dalam berbagai bentuk, bisa dalam bentuk toner, serum, ataupun moisturizer. Nah, Bunda bisa beli moisturizer di sini ya.

3 Manfaat retinol untuk kulit
Retinol dapat membuat kulit Bunda terlihat lebih lembut, halus, dan lebih bercahaya. Ini akan membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan retinol untuk kulit Bunda:

  1. Dapat membantu menghilangkan jerawat
    Retinol bekerja untuk membersihkan kulit dan mencegah jerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Secara alami, lebih sedikit jerawat berarti lebih sedikit bekas jerawat.

Selain itu, retinoid dapat meningkatkan efek krim dan gel obat lainnya, memungkinkan Bunda mendapatkan hasil maksimal dari perawatan apa pun yang Bunda gunakan.

  1. Melawan tanda penuaan
    Produk skincare yang satu ini adalah salah satu bahan anti penuaan yang paling banyak digunakan dan diteliti. Tretinoin, disebut sebagai asam retinoat all-trans, terbukti memiliki efek anti-penuaan yang signifikan.
  2. Membantu warna kulit lebih cerah
    Salah satu dari banyak sifat unik retinol adalah merangsang pergantian sel kulit, menghasilkan efek pengelupasan. Dengan retinol, kulit kusam dan kering tampak baru, lebih cerah, dan kulit terlihat lebih merata dengan peningkatan kadar kolagen dan elastin. (int/*)
  • Bagikan