Festival Inovasi OMS Akan Dijadikan Agenda Tahunan

  • Bagikan

MASAMBA, BACAPESAN.COM – Festival inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) tingkat Kabupaten Luwu Utara yang dilaksanakan 25 Mei – 8 Juni 2023 di pusatkan di halaman Teras Adira Masamba berlangsung meriah dengan menampilkan karya dan program dari OMS lokal, nasional dan internasional.

Festival Inovasi OMS Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan USAID Madani – Simpul Belajar Lamaranginang (SBL) Luwu Utara mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang hadir sekaligus membuka festival inovasi OMS memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaksana dan peserta festival.

“Pemerintah sangat terbuka dan mendukung OMS untuk hadir bersama membangun daerah,” kata Indah.

Hanya saja, Indah masih menyayangkan belum adanya OMS lokal yang kompetitif dari kapasitas kelembagaan sehingga lembaga luar yang masuk ke Luwu Utara menawarkan program.

“Dari sisi kemampuan SDM sudah luar biasa tetapi dari legalitas kelembagaan yang perlu penataan, dan saya minta Kabankesban rangkul teman dan yang bukan teman jadikan,” tegasnya.

Komitmen kolaboratif pemerintah dan OMS di Kabupaten Luwu Utara sudah memasuki tahun ke 13 dan melibatkan dalam berbagai kegiatan diantaranya pembahasan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) hingga pembahasan dan penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melibatkan OMS lokal.

Sementara itu, Ketua SBL Luwu Utara, Abdul Aziz akan mengusulkan festival inovasi OMS tingkat Kabupaten ini kepada pemerintah dan OMS mitra pemerintah menjadi agenda tahunan.

“Saya berikhtiar dan akan mengusulkan kepada 0emerintah dan OMS mitra pembangunan agar agenda kegiatan festival inovasi OMS ini menjadi agenda tahunan,” katanya ketika dihubungi.

Menurutnya, pasca kegiatan dilaksanakan sejumlah masukan dan saran telah diterima baik dari OMS maupun dari masyarakat berkaitan keberlanjutan kegiatan.

“Saya banyak menerima saran dan masukan termasuk keberlanjutan kegiatan,” tutupnya. (*)

  • Bagikan