Masyarakat Desa Lise Antusias Datangi Layanan BPJS Kesehatan Keliling

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Berbagai upaya dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), salah satunya dengan mengoptimalkan layanan Mobile Customer Service (MCS).

MCS merupakan sebuah layanan administrasi keliling dari BPJS Kesehatan yang menyasar wilayah-wilayah yang aksesnya jauh dari kantor. Layanan ini menawarkan berbagai jenis pelayanan mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi Mobile JKN.

Seperti hari ini, Selasa (13/06), BPJS Kesehatan Cabang Parepare membuka layanan MCS di Kantor Desa Lise, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sulawesi Selatan. MCS kali ini ini memberikan layanan kepada masyarakat di Desa Lise dalam mengakses layanan peserta tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan kesehatan.

Kegiatan MCS ini juga dirangkaikan dengan Pemberian Informasi Langsung (PIL). Masyarakat yang hadir mendapatkan sosialisasi tentang hak dan kewajiban peserta, jenis-jenis kepesertaan, pelayanan di fasilitas kesehatan, dan berbagai kanal layanan informasi tanpa tatap muka.

Antusiasme masyarakat Desa Lise saat mengujungi layanan MCS ini sangat jelas terlihat. Akses yang sulit ditempuh dan transportasi umum yang masih jarang jadi kendala yang kerap mereka hadapi saat harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Ditemui Tim Jamkesnews, Faridah yang merupakan satu dari puluhan masyarakat Desa Lise yang memanfaatkan layanan MCS mengungkapkan rasa senangnya dengan kunjungan BPJS Kesehatan. Peserta JKN yang terdaftar pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini datang untuk melakukan pengecekan keaktifan datanya sebagai peserta JKN.

“Saat mengecek kartu saya, ternyata tidak aktif karena belum membayar iuran. Ternyata layanan MCS ini juga bisa melakukan pembayaran, akhirnya saya dan masyarakat lainnya bisa dengan mudah membayar tunggakan yang selalu tertunda,” tambahnya.

Senada dengan Faridah, Fitri peserta JKN yang terdaftar pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang juga merasakan manfaat dari layanan MCS ini sangat merasa terbantu dengan petugas MCS saat itu. Ia berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena memberikan layanan yang sangat memudahkan masyarakat tanpa membeda-bedakan.

“Saat mengunjungi layanan MCS ini, petugasnya sangat ramah dan dengan sabar membantu kami walau hanya datang mengecek keaktifan kartu. Mereka juga memandu kami mengunduh aplikasi Mobile JKN, sampai proses mendaftarnya,”kata Fitri.

Meski telah terdaftar sebagai peserta JKN sesuai segementasinya masing-masing, Faridah dan Fitri sama-sama berharap agar selalu dalam kondisi sehat dan bahagia agar tidak perlu mengakses layanan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengatakan bahwa kegiatan MCS ini merupakan upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kepuasan peserta serta sebagai bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang.

“Pelayanan MCS ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat di Desa Lise Kabupaten Pinrang. Peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi hingga informasi mengenai layanan tanpa tatap muka, bisa datang langsung ke MCS BPJS Kesehatan, nanti akan dilayani oleh petugas kami,” ujar Andi Rismaniswati.

Di wilayah Kantor Cabang Parepare, kegiatan MCS rutin dilakukan setiap sehari dan berkeliling ke daerah perkotaan maupun area yang sulit dijangkau, seperti daerah terpencil hingga pelosok desa.

Andi Rismaniswati berharap semoga dengan kegiatan MCS, BPJS Kesehatan jadi lebih dekat dengan masyarakat sehingga seluruh peserta JKN mendapatkan pemahaman akan pentingnya program JKN dan jadi lebih tau berbagai kemudahan yang telah disuguhkan. (***)

  • Bagikan