BPJS Kesehatan Giatkan Sambung Rasa Peserta JKN melalui Klub Prolanis

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap prosedur, hak dan kewajiban kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Parepare menggelar edukasi kepada anggota Klub Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kegiatan yang dikomandoi Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan, Hartati dilaksanakan di Puskesmas Labukkang, Kota Parepare pada Rabu (14/06).

Klub Prolanis merupakan program yang digagas oleh BPJS Kesehatan. Program ini menawarkan langkah-langkah preventif, manajemen penyakit, dan edukasi kesehatan kepada anggotanya. Berdasarkan data yang dimilik oleh BPJS Kesehatan, jumlah peserta Klub Prolanis yang terdaftar di Puskesmas Labukkang sebanyak 96 orang.

Sosialisasi yang dihadiri oleh 40 peserta ini dikemas dalam bentuk sambung rasa Peserta JKN. Kegiatan sambung rasa peserta JKN adalah program yang digagas oleh BPJS Kesehatan dalam upaya untuk mempererat hubungan dengan peserta JKN dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan keluhan, saran, dan masukan kepada BPJS Kesehatan dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu anggota klub Prolanis yang ditemui oleh Tim Jamkesnews, Meliani menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan terkait pentingnya program JKN dan memberikan informasi terbaru mengenai program JKN.

“Ada banyak sekali manfaat yang kami dapatan, selain bisa bersilaturrahmi dengan banyak orang, kami juga mendapat pemahaman yang lebih dalam lagi mengenai program JKN,” puji Meliani.

Tergabung dalam Klub Prolanis sejak tahun 2017 ini, Meliani juga mengapresiasi program yang diusung oleh BPJS Kesehatan. Dengan penyakit diabetes yang ia derita, banyak manfaat yang diperoleh mulai dari penyuluhan hingga kegiatan-kegiatan yang mendukung upaya kami untuk hidup sehat.

“Tadinya saya hanya tinggal di rumah, sekarang saat tergabung dalam klub ini saya akhirnya saya tergerak untuk mengikuti kegiatan olah raga setiap pekan. Bukan hanya itu, disediakan juga pemeriksaan rutin yang tentunya semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Meilani juga mengapresiasi aplikasi Mobile JKN yang turut disosiliasasikan saat itu. Menurutnya, di era digitalisasi yang semakin berkembang saat ini harus diikuti dengan berbagai inovasi yang bisa memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh berbagai informasi dan mendapatkan layanan dengan cepat.

Anggota lain yang ditemui oleh Tim Jamkesnews, Rosmini sangat bersyukur dengan kegiatan sosialisasi ini. Ia jadi lebih paham akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan serta apa saja pelayanan kesehatan yang dijamin serta tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan.

“Sebelumnya, saya masih kurang paham dengan program JKN. Tapi alhamdulillah mulai hari ini saya akhirnya mengerti apa saja manfaat yang ditawarkan BPJS Kesehatan saat menjadi peserta JKN,” ungkap Rosmini.

Ia juga mengapresiasi pihak BPJS Kesehatan yang dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang umurnya sudah tidak muda lagi, karena memang membutuhkan kesabaran untuk menjelaskan satu persatu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati menyampaikan bahwa sambung rasa Peserta JKN ini merupakan upaya meningkatkan kepuasan kepada peserta JKN serta peningkatan kualitas layanan informasi kepada peserta JKN.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan seluruh peserta yang hadir,” ujar Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati juga berharap agar anggota Klub Prolanis yang hadir dapat menjadi kepanjangan tangan BPJS Kesehatan dalam menyebarluaskan informasi kepada peserta JKN lainnya. Ia mengimbau tentang pentingnya melakukan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan.

“Semoga peserta yang hadir senantiasa sehat sehingga bisa menjadi penyambung lidah BPJS Kesehatan dalam memberikan informasi terkait program JKN kepada lingkungan sekitarnya,” tutup Andi Rismaniswati. (***)

  • Bagikan