Kalla Institute Hadirkan alibaba.com pada Kuliah Tamu

  • Bagikan
Kuliah Tamu Digital Transformation: Achieving Global Competitiveness in the Digital Era di kampus Kalla Institute pada Rabu, 14/6/2023, yang dihadiri oleh Rektor Kalla Institute, Syamril, ST MPd, WR 1, Prof Dr Sukardi Weda, para pimpinan prodi, para dosen, dan para mahasiswa.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kuliah Tamu Digital Transformation: Achieving Global Competitiveness in the Digital Era di kampus Kalla Institute pada Rabu, 14/6/2023, yang dihadiri oleh Rektor Kalla Institute, Syamril, ST MPd, WR 1, Prof Dr Sukardi Weda, para pimpinan prodi, para dosen, dan para mahasiswa.

Kuliah tamu ini menghadirkan Koko Sasongko dan Bo Chi dari Alibaba.com sebagai pembicara.

Pada Kuliah Tamu ini juga diadakan MoU antara Kalla Institute dengan alibaba.com.

Dalam sambutannya, Syamril ST MPd, yang juga Rektor ITB Kalla menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada tim dari Alibaba.com.

Syamril mengatakan bahwa digital transformation masuk ke budayanya bukan hanya teknologinya, ujarnya.

Go global with digital marketing yang disampaikan oleh Koko Sasongko mengatakan bahwa dalam bisnis ada risiko dan ada opportunity.

Koko Sasongko menjelaskan bisnis ekspor dan potensi pasar global. Ekspor adalah proses menjual produk atau jasa ke negara lain. Bisnis ekspor dapat meningkatkan pendapatan negara dan meningkatkan daya sing produk dan jasa lokal.
Indonesia memiliki potensi pasar global yang besar karena memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak, gas, dan sumber daya pertanian yang produktif.
Selain itu, Indonesia juga memiliki industri manufaktur yang berkembang dan pasar konsumen yang besar. Namun, untuk mengejar potensi pasar global yang besar, perlu ada upaya untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa serta meningkatkan kompetensi dan kapasitas ekspor, ujarnya.

Mengapa bisnis ekspor B2B sangat menguntungkan?
Peluang pasar yang lebih besar: Dengan ekspor, perusahaan dapat mengejar pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatannya.
2 Diversifikasi risiko: Ekspor menawarkan perusahaan kesempatan untuk diversifikasi risiko dengan mengejar posar baru dan mengandalkan pada negara-negara yang berbeda untuk pendapatan.
3 Peningkatan kapasitas produksi: Bisnis ekspor B2B memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kapasita produksi dengan mengejar pasar yang lebih besar, yang dapat meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya produksi.
4, Peningkatan kompetensi: Ekspor memungkinkan perusahaan untuk belajar dan meningkatkan kompetensi dalam mengatasi perbedaan budaya, regulasi, dan standar yang berbeda dari negara-negara yang berbeda

  1. B2B ekspor juga dapat meningkatkan stabilitas pendapatan, karena transaksi yang dilakukan antar perusahaan biasanya lebih konsisten dibandingkan dengan transaksi dengan, ujarnya.

Tips Penting dalam Bisnis Ekspor menurut Koko Sasongko adalah memahami regulasi dan peraturan ekspor di negara tujuan, Mencari partner bisnis yang dapat dipercayai, Membuat strategi pemasaran yang tepat,
Membuat dokumen ekspor yang lengkap dan benar,
Mengetahui harga pasar dan melakukan negosiasi harga yang baik, Melakukan riset dan analisis pasar, Membuat rencana cadangan dan mempersiapkan diri untuk risiko yang mungkin terjadi, paparnya.

Dalam pemaparannya, Koko Sasongko mengatakan bahwa wesite sangat penting untuk mempromosikan bisnis kita. Web yang baik memiliki kriteria seperti:

Pilih nama domain yang mudah diingat

  • Tampilan web yang mudah dibuka dan informatif
  • Memiliki struktur website minimal:
  • Home (halaman utama)
  • About us (tentang perusahaan)
  • Products (uraian produk)
  • Gallery (foto-foto informasi, spesifikasi)
  • Contact us (WA, email, tip, alamat)
  • Article (g berkaitan dengan produk). (*)
  • Bagikan