Malam Anugerah Pendidikan, SMP 2 dan SD 28 Borong Kepsek dan Guru Terfavorit

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Dewan Pendidikan Kota Parepare menggelar Malam Anugerah Pendidikan yang ditujukan kepada Kepala Sekolah dan Guru Terfavorit di Kota Parepare, Jumat, (16/6/2023) malam.

Indikator penghargaan itu diberikan kepada Kepala Sekolah dan Guru dengan polling terbanyak atas pilihan masyarakat.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Parepare terpilih, Parman Farid menguraikan Anugerah kepada Kepala Sekolah dan Guru Terfavorit untuk semua jenjang pendidikan, baik TK, SD, SMP, maupun SMA/SMK atau sederajat ini dilakukan untuk memotivasi para Guru agar memperkuat hubungan sosial kemasyarakatannya.

“Kalau selama ini sudah banyak penghargaan yang dilakukan seperti guru dan kepala sekolah berprestasi, inovatif, inspiratif, nah muncul pemikiran bagaimana memberikan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah terfavorit,” ujar Parman yang dihubungi, Minggu, (18/6/2023).

Mantan Ketua KONI Parepare ini menjelaskan, untuk anugerah ini diambil dari polling terbanyak pilihan masyarakat.

“Pemilihan Kepala Sekolah dan Guru terfavirir ini kita lempar ke masyarakat melalui poling untuk mengetahui sosok guru dan kepala sekolah apa yang disenangi oleh masyarakat. Kita berharap bahwa bagaimana Kepsek dan Guru bermasyarakat dengan orang tua siswa. Jika disukai pasti dipilih melalui polling itu,” papar dia.

Dia mengungkapkan dari polling yang masuk, sebanyak 6 sampai 7 ribuan kliker. “Nama-nama yang kita munculkan dalam poling adalah permintaan dari Dinas Pendidikan yang dianggap layak dilempar kepada masyarakat agar masyarakat memilihnya,” lanjut dia.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris menyampaikan apresiasi atas inovasi Dewan Pendidikan memberikan pengharhaan kepada Guru dan Kepala Sekolah terfavorit. “Terima kasih Dewan Pendidikan, kegiatan ini meski sederhana tapi maknanya sangat luar biasa,” sambung dia.

Pada kesempatan itu Arif, mantan Guru senior ini juga menceritakan pengalamannya saat menjadi Guru sebagai motivasi bagi guru untuk terus mengupgrade pengetahuan dan menjadi guru profesional.

“Sebagai pelayan siswa, maka malam anugerah ini menjadi bukti anda memiliki dua kompetensi yaitu kepribadian dan kompetensi sosial. Sosial dan kepribadian yang bagus sehingga dipilih oleh masyarakat”.

“Tantangan terbesar menjadi guru adalah peofesional dan inovatif. Upgrade ilmu agar kita tidak tertinggal dengan zama sehingga pelayanan maksimal,” sambung dia.

Wali Kota Parepare melalui Asisten III Pemkot Parepare, Eko W Ariyadi juga berpesan agar guru dapar menjalankan fungsi dan perannya sebagai motivator.

“Tidakkah kita ingin diingat menjadi guru yang menginspirasi siswa-siswa kita walau mereka nanti sudah berstatus alumni. Fungsi dan peran kita sebagai guru favorit bagaimana memotivasi murid kita,” pesan dia.

“Ayo literasikan diri kita sebagai guru. Kesuksesan Ibu/Bapak karena ada suport dari orang lain. Prestasi apapun yang kita raih tidak terlepas peran dari orang lain. Jaga amanah sebagai guru, jalankan tugas dengan baik, pahami apa yang menjadi kewajiban. Upgrade diri kita msing-masing,” tambah Eko, sapaan karib dia.

Adapun nominator Guru dan Kepala Sekolah Terfavorit Pilihan Masyarakat:

Kategori Guru TK:

  1. A Tenri Sinta
  2. Hasrida
  3. Hj Hasna
    Pemenang: A Tenri Sinta dari TK Brimob

Kategori Guru SD:

  1. Rahmaniar SD 82
  2. Asnawi SD 16
  3. Handayani Putri SD 28
    Pemenang: Handayani Putri dari SD 28.

Kategori Guru SMP:

  1. Tamsiruddin SMP 1
  2. Rahmaniar SMP 2
  3. Zainal abidin SMP 11
    Pemenang : Rahmaniar SMP 2

Kategori Guru SMA/SMK

  1. Umi Kalsum SMA 5
  2. Anna Sukriani SMA 1
  3. Hasriyana
    Pemenang Hasriyana

Kategori Kepala Sekolah TK

  1. Dimrayani
  2. Megawati
  3. Yusrianti
    Pemenang: Yusrianti dari TK Kartika

Kepala SD:

  1. Sudirman Manda SD 47
  2. Suarni SD 71
  3. Andi Nursia SD 28
    Pemenang: Hj Andi Nursia SD 28

Kepala SMP:

  1. Rusman Madinah MTS Negeri
  2. Sry Enyludfiah SMP 1
  3. Nasriah SMP 2
    Pemenang: Nasriah SMP 2

Kepala SMA/SMK:

  1. Muzakkir SMA 5
  2. Anwar Nur SMK 1
  3. Muh Ridwan AR MAN 1
    Pemenang : Muzakkir SMA 5
  • Bagikan