Optimalisasi Program JKN, BPJS Kesehatan dan Pemkab Pinrang Launcing Program Pesiar

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Berbagai strategi terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebagai upaya optimalisasi penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya program terbaru yang diluncurkan yaitu program Pesiar yang merupakan singkatan dari Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi.

Pesiar merupakan upaya mendekatkan titik layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan rekrutmen peserta JKN khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Pekerja Penerima Upah (PPU), Bukan Pekerja (BP), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan metode jemput bola oleh agen pesiar.

Sebagai upaya untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Pesiar Desa Padakkalawa, Kabupaten Pinrang di Ruang Rapat Bupati, Rabu (21/06).

Wakil Bupati Pinrang, Alimin mengapreasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan atas launchingnya Desa UHC di Kabupaten Pinrang.

“Ini merupakan hal yang langka karena diantara 109 desa, satu-satunya desa yang diajak kerja sama oleh BPJS Kesehatan adalah Desa Padakkalawa. Dari kepala desanya kita bisa belajar bahwa diam bukan berarti tidak bekerja, tapi diam karena berpikir untuk bekerja,” tutur Alimin.

Alimin juga mengatakan, pemerintah daerah berharap semoga dengan adanya kerjasama ini bisa mendorong desa-desa yang lain untuk melakukan hal yang sama untuk kesejahteraan warganya.

“Semoga dengan adanya kerja sama ini, bisa menjadi motivasi-motivasi untuk desa lain serta melahirkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, karena tanpa upaya seperti ini masyarakat kita hanya mengenal program JKN saat sakit saja,” ungkapnya.

Ia juga berharap, dengan disahkannya program Pesiar di Desa Padakkalawa maka sasaran yang diharapkan dapat tercapai.

“Insyaallah pemerintah daerah siap memberikan dorongan ilmu maupun dorongan semangat kepada kepala desa dan seluruh jajarannya agar sasaran yang diharapkan dapat terwujud dengan cepat,” tutup Alimin.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Padakkalawa, Haedar Ahmad yang juga merasa sangat antusias atas terpilihnya Desa Padakkalawa sebagai pilot project.

Ia juga menyampaikan bahwa Desa Padakkalawa telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

“Alhamdulillah ini menjadi langkah bagi kami untuk berbuat kedepannya demi kesejahteraan warga kami, terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat sehingga kami bisa sampai pada hari ini,” ucap Haedar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang yang sangat luar biasa mendukung penyelengaraan program JKN.

“Alhamdulillah tadi kita melakukan launching desa UHC, saat ini hanya satu desa yang bekerja sama, semoga kedepannya desa-desa lain juga bisa menyusul,” tutur Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati juga memaparkan materi terkait program Pesiar kepada peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Saat ini di Kabupaten Pinrang, cakupan pesertanya sebesar 90,17% akan tetapi untuk mencapai UHC dibutuhkan keaktifan peserta sebesar 98% yang memang membutuhkan berbagai upaya salah satunya dengan program desa Pesiar ini.

“Sesuai dengan amanat undang-undang, bahwa kesehatan menjadi hak dasar dan hak asasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami mengharapkan semoga dengan program Pesiar ini keaktifan peserta JKN di Kabupaten Pinrang semakin meningkat hingga bisa mencapai UHC,” tambahnya.

Di akhir perbincangan, Andi Rismaniswati mengharapkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melalui agen Pesiar yang turut hadir untuk memastikan masyarakat terdaftar dalam program JKN sampai pada memastikan kartunya aktif.

“Kami berharap agen-agen pesiar yang telah terpilih benar-benar menjalankan tugasnya mulai dari petakan, sisir, advokasi dan registrasi melali kunjungan langsung,” tutupnya. (***)

  • Bagikan