Jelang Idul Adha, Taufan Pawe Ungkap Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe bersama Bulog Subdivre Parepare, dan BPS Parepare memantau kondisi bahan pokok di Pasar Rakyat Lakessi, Parepare, Jumat (23/6/2023).

Pantauan ini untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat, dan harga tidak bergejolak menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah. Termasuk kesehatan dan kelayakan konsumsi ayam dan daging menjadi fokus perhatian.

Hasil pantauan, Taufan Pawe memastikan barang kebutuhan pokok cukup tersedia, sementara harga relatif masih stabil terkendali. Ada kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti telur ayam ras, bawang merah, dan cabai merah, namun tidak begitu signifikan.

Wali Kota Parepare dua periode ini sudah meminta agar Dinas Perdagangan (Disdag) Parepare bergerak untuk mengantisipasi gejolak dengan menggelar Pasar Murah maupun Operasi Pasar.

“Mengantisipasi harga serta ketersediaan bahan pokok jelang Idul Adha, tadi saya mengecek langsung ke Pasar Lakessi, Alhamdulillah kebutuhan pokok tersedia, dan harga cukup stabil. Pemerintah Kota Parepare melalu Dinas Perdagangan pun telah bergerak melaksanakan Pasar Murah, dan juga Operasi Pasar untuk mendeteksi harga bahan kebutuhan pokok di pasar,” kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel mengaku, Pemkot Parepare telah menyiapkan anggaran untuk Pasar Murah agar masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga murah pada momen-momen hari besar seperti Hari Raya Idul Adha ini. Pasar Murah sudah digelar Disdag Parepare pada pekan lalu dengan menyasar 2200 masyarakat penerima di 22 Kelurahan.

Taufan Pawe dalam pantauan di Pasar Lakessi, menyempatkan melihat hasil uji laboratorium kelayakan daging oleh Tim Dinas PKP Parepare. Hasilnya, daging jualan di Pasar Lakessi dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Dalam pantauan itu, Taufan Pawe didampingi Kepala Bulog Subdivre Parepare, Kepala BPS Parepare, dan dari jajaran Pemkot Parepare di antaranya Asisten II Hj Suriani, Kepala Dinas Perdagangan Prasetyo Catur, Kepala Dinas PKP Wildana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muh Nur, Kepala DLH Budi Rusdi, Plt Kepala Satpol PP Andi Ulfah, Camat Soreang Dede Harirustaman, Lurah Lakessi Muh Fadel, dan pejabat terkait lainnya.
(***)

  • Bagikan