Hadir Di Indonesia, Aloha Gandeng SIT Al- Biruni Terapkan Metode Sempoa

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri menjadi sekolah pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Abacus Learning of Higher Arithmetic (Aloha) Internasional.

Didirikan sejak 1993 lalu, Aloha hadir dengan mengadopsi dan mengembangkan konsep berdasarkan metode komputasi sempoa dari Tiongkok dan Taiwan.

Menurut Founder and President Aloha International, Mr Loh Mun Sung, metode ini dirancang menjadi kurikulum yang komprehensif dengan tujuan memperkenalkan sempoa kepada anak-anak di Malaysia, pada saat itu.

Metode Aloha digunakan untuk anak usia 0-13 tahun. Saat ini, Aloha Internasional diterapkan di negara-negara Asia, Eropa, dan Amerika.

“Aloha Internasional sudah ada di 45 negara. Di Indonesia, kita mulai tahun ini di Makassar. SIT Al-Biruni Mandiri ini kita lihat potensi siswanya sangat bagus,” ujar Mr Loh saat ditemui di Hotel Claro Makassar, Sabtu, (24/6/2023).

Lebih jauh, Mr Loh berharap Aloha bisa berkembang di daerah-daerah lainnya. dan menjangkau seluruh provinsi di Indonesia.

“Anak-anak adalah masa depan. Tidak ada anak-anak yang tertinggal dalam pelajaran. Kita ingin menunjukkan sebuah cara pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan untuk anak-anak melalui Aloha ini,” ucapnya.

International Director of Aloha International Aritmethic, Mrs Kiran Motwani sangat terkesan dengan potensi siswa-siswa SIT Al-Biruni Mandiri. Tidak menutup kemungkinan, anak-anak di Indonesia lainnya juga memiliki potensi yang perlu dikembangkan.

“Tujuan Aloha adalah mengembangkan potensi siswa. Di mana pun anak terlahir, ia memiliki otak yang cerdas. Salah satu cara menstimulus otak anak adalah dengan Aloha mental aritmetika ini,” jelasnya.

Dengan metode Aloha, tambah dia, visualisasi berhitung bisa mudah terbanyang di kepala anak. “Kita menggunakan sempoa,” papar dia.

Rencananya, Aloha Internasional juga akan dibuka di lima titik lainnya di Makassar. “Kita membuka kemitraan bagi yang ingin membuka Aloha center,” terang Master Franchise Aloha Indonesia, Muhammad Arafah Kube.

Direktur Pendidikan SIT Al-Biruni Mandiri Makassar, Arafah mengakui metode Aloha yang menggunakan sempoa ini mampu menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak.

Metode Aloha akan mulai diterapkan tahun ini juga untuk murid TK dan SD. “Mereka dapat cepat berhitung. Misalnya 70 soal mampu diselesaikan dalam waktu lima menit. Ini menjadi dasar anak untuk kemampuannya di masa depan. Termasuk kemampuan berkomunikasi dan memecahkan masalah,” tutupnya. (*)

  • Bagikan