Rayakan Idul Kurban, IKA 98 Smandel Makassar Sembelih Dua Ekor Sapi

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Ikatan Alumni (IKA) 1998 SMA Negeri 8 (Smandel) Makassar menyembelih dua ekor sapi di perayaan Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban tahun ini.

Mengangkat tema “Mempererat Silaturahmi, Membangun Kebersamaan Serta Berkontribusi untuk Almamater”, pihaknya membagikan sekitar 150 kupon kepada masyarakat di sekitar tempat pemotongan, di Halaman Sekretariat Smandel 1998 Makassar, Jalan Inspeksi Kanal, Nomor 17, Kelurahan Mandala, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

“Ini adalah program yang pertama kali lakukan di masa jabatan periode kami. Tujuannya untuk saling berbagi kepada mereka yang memang berhak menerima daging kurban,” kata Ketua Ika Smandel 1998 Makassar Syahrul Juaksha Subuki, dalam keterangannya, Jumat (30/06/2023).

Syahrul mengaku, perayaan Idul Adha tentunya mengandung makna ketaatan kepada Allah SWT sehingga tentunya menjadi upaya dalam mendekatkan dirinya kepada-NYA. Selain itu juga menjadi momen saling berbagi kepada masyarakat yang berhak atau dengan kata lain bagaimana memberikan kebahagiaan kecil yang mungkin tidak dirasakan masyarakat yang menerima.

“Tak kalah pentingnya adalah dalam pelaksanaan kurban ini juga kita bisa semakin mempererat tali silaturahmi, solidaritas, dan persaudaraan. Baik itu pada alumni angkatan 1998 secara khusus, maupun seluruh alumni Smandel Makassar pada umumnya,” harapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Kurban Muh Ardan mengatakan, pada prinsipnya daging kurban ini akan diberikan kepada yang berhak. Sehingga panitia penyelenggara menyepakati pembagian kupon daging kurban dibagikan di daerah sekitar pemotongan hewan kurban.

“Kenapa kita pilih disini? karena selain menjadi lokasi sekretariat IKA sementara, juga lebih dekat dengan masyarakat yang kondisinya memang tepat sasaran,” terangnya.

Program kurban ini pun kedepannya akan dijadikan sebagai program prioritas tahunan. Bahkan selanjutnya akan digagas program Tabungan Kurban Alumni 1998 Smandel Makassar, sehingga pelaksanaan kurban saat ini merupakan bagian dari pilot project.

“Ini adalah program prioritas tahunan yang dicanangkan oleh bapak ketua umum kami dan karena kan beliau baru memulai sebagai ketua umum sehingga ini baru pertama kali. Tapi insyaallah akan diadakan setiap tahun,” katanya.

Tabungan Kurban yang digagas nantinya tujuannya agar pelaksanaan kurban di perayaan Idul Adha dapat terus digelar setiap tahunnya.

“Jadi kedepannya untuk jumlah hewan kurban, lokasi pemotongan, maupun jumlah yang akan diberikan akan disesuaikan dari jumlah tabungan yang ada. Intinya sudah ada program dan itulah nanti yang menjadi patokan dasar kita tentang jumlah dan tempat yang akan kami adakan nantinya,” jelas Muh Ardan.

Untuk pelaksanaan kurban IKA Smandel 1998 Makassar kali ini berasal dari urunan seluruh alumni 1998 yang ada dan yang mereka sambut dengan sangat antusias.

“Allhamdullillah antusiasnya itu sangat luar biasa, karena teman-teman itu bukan hanya memberikan sumbangan, mengisi daftar list, tetapi pati juga memberikan masukan terkait pendistribusian daging tersebut dan Allhamdullillah baik pengurus maupun teman-teman alumni itu sudah membagikan kepada yang berhak,” tutupnya. (*)

  • Bagikan